LSM BP3RI laporkan kepala Desa Gendoh terkait dugaan penyimpangan ADD Th 2020 ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Banyuwangi Jatim – Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Pemantau Penyelenggara Pemerintahan Republik Indonesia (LSM BP3RI) yang berkantor Pusat di Jl. Sragi-Songgon ini secara resmi telah melaporkan kepala desa Gendoh kecamatan Sempu ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi pada, Selasa (09/02/2020).

Laporan tersebut berkaitan dengan dugaan adanya penyimpangan anggaran dana desa tahun 2020 berdasarkan informasi warga yang dikuatkan dengan hasil investigasi lapangan.

Menurut Hadi Prayitno salah satu anggota BP3RI bahwa masalah ini berawal dari informasi warga desa gendoh tentang pemerintah desa yang sangat tertutup informasi penggunaan anggaran dana desa sehingga warga kesulitan untuk memantau keuangan desa maka LSM BP3RI merasa terpanggil untuk membantu menepis keresahan warga namun setelah kami melakukan investigasi dilapangan ternyata dudaan warga benar bahwa memang ada dugaan penyimpangan.” Kata Hadi.

Hal senada dibenarkan oleh TIMSUS INVESTIGASI BP3RI Siswanto “diduga ada beberapa poin penyimpangan diantaranya pengadaan masker, mesin genset, pembangunan jalan paving tanpa papan nama proyek juga tidak sesuai dengan bestek, dibangun diatas pematang sawah produktif lebar setengah meter dan terkesan asal-asalan bahkan ada beberapa infrastruktur yang diduga fiktif.” Tandas Siswanto.

Bukan hanya itu tambah anggota TIMSUS INVESTIGASI Ahmad Yani “Warga desa gendoh selaku penerima BLT DD tahun 2020 diduga kuat ada yang tidak menerima dana itu ada juga yang menerima tidak sesuai bahkan ada yang sudah meninggal dunia namun namanya tetap dilaporkan ke kemendes,” Tegas Ahmad.

Oleh karena dugaan warga dan dikuatkan dengan hasil investigasi lapangan yang patut diduga terdapat penyimpangan anggaran dana DD dan ADD tahun 2020 di desa Gendoh yang berakibat timbulnya kerugian Keuangan Negara maka LSM BP3RI membuat dan memasukan laporan pengaduan resmi ke Kejaksaan Negeri Banyuwangi pada Selasa, (09/02/2020) bertujuan agar dugaan penyimpangan ini menjadi terang benderang.

 

Pewarta : Rocky Sapulette.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *