Dengan konsep “One Stop Service for Health Tourism”, Walikota Sabang bangunan RSUD Sabang di lokasi baru

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sabang Aceh – Walikota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom, melalui Kepala BAPPEDA Kota Sabang Faisal, ST MT, menjelaskan Rencana pembangunan Rumah Sakit Umum Sabang pada lokasi baru, tepatnya di jalan Lhok Igeuh Kelurahan Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya Sabang, dengan konsep rumah sakit pariwisata yang akan di biayai dari sumber Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) serta dari sumber dana lainnya.
Pembangunan Rumah Sakit Umum tersebut akan dimulai tahap pertama di tahun  ini dan selanjutnya secara reguler setiap tahunnya, dengan target penyelesaiannya pada tahun 2023.

Lanjut Faisal, bahwa Pembangunan Rumah Sakit Umum ini nantinya akan disebut juga, Rumah Sakit Pariwisata Kota Sabang, dengan konsep “One Stop Service for Health Tourism”, karena dibangun dengan konsep pariwisata untuk mendukung Sabang sebagai destinasi medical tourism dan dapat juga bekerja sama dengan pihak swasta untuk layanan seperti terapi dan kebugaran, kecantikan, SPA dan lainnya.

Kepala BAPPEDA Sabang, Faisal, ST.,MT.

Rumah Sakit Pariwisata Kota Sabang bertaraf internasional tersebut akan dibangun tiga lantai di atas tanah seluas lima hentar dan akan menghabiskan anggaran berkisar Rp. 300.000.000.000, ( tiga ratus milyar rupiah), adapun dimulainya pekerjaan tahap awal pada tahun ini dengan sumber dana dari DAK  37,5 milyar, untuk pembangunan Rawat Inap, dan sumber dana dari OTSUS 15 milyar, untuk pembangunan Rawat jalan. jadi total keseluruhan anggaran untuk awal pembangunan Rumah Sakit tersebut lebih kurang berjumlah 52,5 milyar. kata Faisal.

Adapun rencana pembangunan rumah sakit tersebut dibangun tiga lantai, lantai pertama seluas 882 m2 dengan fasilitas Lobby, Restauran dan Receptionist. Untuk lantai dua seluas 1.170 m2, dengan fasilitas, massage, ruang terapi, ruang tindakan berat dan ruang SPA. Sementara lantai tiga seluas 1.170 m2 untuk fasilitas khusus ruang rawat Inap VIP. kata faisal.

Direktur Rumah Sakit Umum Kota Sabang, dr. Edi Suharto saat dijumpai Mitrapol.com. mengatakan bahwa ianya merasa bangga dan bersyukur tahun ini sudah ada anggaran untuk awal pembangunan Rumah Sakit Umum bertaraf internasional yang di desain khusus seperti layaknya Rumah Sakit Pariwisata, karena semua fasilitasnya lengkap dan cocok buat para pengunjung dari dalam maupun luar negeri, terutama mereka yang datang disamping tujuan berobat dan setelah sehat sekaligus liburan di kota sabang, juga sebaliknya, jadi bukan hanya sekedar berobat mereka juga berwisata. Karena kota sabang sudah terkenal dengan Kota wisatanya.

Dir. RSU Sabang, dr. Edi Suharto.

Lanjut dr. Edi. Sabang Tourism Hospital akan dibangun dengan mengintegrasikan gedung rumah sakit dengan fasilitas wisata dan olah raga yang akan dikembangkan dengan beberapa prinsip: 1.Pemberian  pelayanan kesehatan secara terpadu (promotif, preventif, kuaratif dan rehabilitatif). 2.Pemberian layanan kuaratif dan rehabilitatif senantiasa bernuansa wisata (one stop service). 3.Pengembangan kemitraan dalam pembiayaan kesehatan dan pengembangan RSU Wisata Indonesia Barat sebagai model pendidikan kedokteran.

Pembangunan Rumah Sakit tersebut semoga lancar dan dapat selesai dengan sempurna seperti apa yang sudah direncanakan sesuai gambar dan semua fasilitas. Karena dengan fasilitas yang lengkap tentunya para turis akan lebih yakin lagi untuk berobat sekaligus berwisata di Kota Sabang provinsi aceh ini.

“Pembangunan Rumah Sakit Pariwisata Kota Sabang”, tentu  ini semua berkat usaha dan lobi Bapak Walikota Nazaruddin, S.I. Kom, dan rekan-rekan di Pemerintahan sabang tentunya serta dukungan Do’a dari warga, alhamdulillah tahun 2021 ini sudah dimulai pembangunan tahap pertama. pembangunan tersebut kalau tidak ada halangan, akan selesai di tahun 2023,” tutup dr. Edi.

 

 

Pewarta : Bukhari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *