Polres Serang Kota Terima Kunjungan Tim Puslitbang Mabes Polri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kota Serang – Kepolisian Resor Serang Kota Polda Banten menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri, Senin (15/2/2021). Kedatangan Tim Puslitbang Mabes Polri ini disambut langsung oleh Kapolres Serang kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK., M.Si., dan Wakapolres Serang Kota serta pejabat utama polres Serang Kota di ruang kerja Kapolres Serang Kota.

Tim Puslitbang Polri melaksanakan kegiatan penelitian dan supervisi tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap kinerja Polri dan Survey Indeks Kamtibmas di wilayah Polda Banten dan jajaran pd tgl 15 sampai dengan 18 Februari 2021.

Kegiatan penelitian dipimpin oleh Kombes Pol Drs. Azis Saputra beserta AKBP Ir. Dadang Sutrasno, AKBP Dr. Bayu Suseno, SH., MM., MH., Ipda Rizki Saputra, S. Stat., Penda Muzzar Kresna (Konsultan) dan pembina Utama Drs. Ary Wahyono, M.Si (Konsultan).

“Tujuan dari penelitian adalah untuk mengukur kepuasan masyarakat atas layanan kepolisian Republik Indonesia melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan kepolisian yaitu fungsi Lalulintas, Reskrim, Intelkam, Binmas dan Sabhara dan penyusunan indeks Kamtibmas,”kata Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto, S.IK.,. M.Si., saat diwawancara awak media.

AKBP Yunus menjelaskan, Dalam penelitian ada 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu Bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance).

“Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Serang kota dengan sampel penelitian yaitu masyarakat masing-masing satu orang perwakilan dari akademisi/dosen, instansi pemerintah, tenaga pendidik, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda,”tuturnya.

“Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat secara online yang telah disebarkan sebelum tim datang. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres dan atau yang mewakili, para kabag dan kasat.

“Adapun untuk penelitian Survey Indeks Kamtibmas dari masyarakat masing-masing satu orang perwakilan dari FKPM, Kelompok sadar Kamtibmas, ketua RT/RW dan Satpam atau petugas keamanan perumahan,”ujarnya.

 

Pewarta : (Hafid Jamaludin/Hms).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *