Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kota Cirebon – Program TMMD itu secara umum dalam UU TNI diartikan sebagai membantu tugas pemerintahan di daerah, yakni bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya (dalam hal ini TNI bekerja sama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama seluruh jajarannya) secara sinergi dan berkesinambungan.

Seperti halnya di laksanakan oleh satuan Korem 063/SGJ untuk TMMD ke 110 TA. 2021 Kodim 0604/Karawang yang melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA 2021, Program ini berupa akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana bertempat di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang Demikian yang di Sampaikan Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P Melalui Kapenrem 063/SGJ Mayor Inf U.S Karlan S. H di sela Kesibukannya di Kantor Penrem 063/SGJ Jalan Brigjend Darsono By Pas Kota Cirebon, Kamis ( 25-2-2021).

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P Melalui Kapenrem 063/SGJ Mayor Inf U.S Karlan S. H menambahkan Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan. TNI Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia bersama seluruh jajarannya. Selain itu, kerjasama dilakukan dengan Bappeda Provinsi, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi (BPMPDP) serta Pemerintah Daerah atau Kabupaten/Kota.

Mayor Inf U.S Karlan S. H juga menyampaikan TMMD sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan negara di daerah tangguh, juga merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat. Secara Substansial, TMMD dapat dipandang sebagai tesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan, sedangkan dari sisi formula, TMMD menjadi lompatan metodologi pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapa instansi/lembaga.

 

Pewarta : Darto/Penrem063

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *