Polresta Cirebon Latih Bhabinkamtibmas Jadi Tracer Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, CIREBON – Polresta Cirebon menggelar Pelatihan Tracer Covid-19 kepada Bhabinkamtibmas di Gedung PGRI, Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jumat (26/2/2021). Kegiatan tersebut diikuti 107 Bhabinkamtibas Polsek zona tengah jajaran Polresta Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si, mengatakan, pelatihan itu bertujuan agar Bhabinkamtibmas dapat membantu para tenaga kesehatan (nakes) di setiap desa atau kelurahan dalam melacak kontak erat pasien Covid-19.

Pasalnya, Bhabinkamtibmas wajib mengetahui klaster penyebaran virus corona di wilayah binaannya masing-masing. Sehingga mereka mendapat pelatihan khusus untuk memaksimalkan pelacakan kasusnya.

“Pelatihan ini juga untuk mendukung Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang diberlakukan di Kabupaten Cirebon,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Ia mengatakan, dalam pelatihan itu Bhabinkamtibmas diberi pemahaman dasar mengenai Covid-19. Dari mulai penyebabnya, gejala atau tanda-tandanya, dan cara pencegahan serta pengendaliannya.

Selain itu, mereka juga dibekali cara tracing atau pelacakan kontak erat pasien Covid-19, tujuan tracing, dan teknis pencatatannya. Nantinya, Bhabinkamtibmas dilibatkan sebagai tracer mendampingi nakes di masing-masing wilayah.

Karenanya, jika terjadi penolakan tracing dari masyarakat maka bantuan dari Bhabinkamtibmas sangat diperlukan. Bahkan, selain menjaga keamanan lingkungan, Bhabinkamtibmas pun turut serta melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan peran Bhabinkamtibmas di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Termasuk melakukan sosialisasikan vaksinasi Covid-19 aman dan halal,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.I.K, M.Si.

Syahduddi berpesan, para Bhabinkamtibmas dapat memahami dengan baik materi-materi yang disampaikan dan diimplementasikan dalam bertugas saat terjun di tengah masyarakat. Sebab, sebagai tracer Covid-19 Bhabinkamtibmas harus memahami tugasnya sebaik mungkin.

Pelatihan tersebut dilaksanakan tiga kali dan diikuti Bhabinkamtibmas Polsek zona timur, zona tengah, serta zona barat jajaran Polresta Cirebon. Pada Kamis (25/2/2021), kegiatan telah dilaksanakan bagi Polsek zona timur, dan Polsek zona barat digelar pada, Sabtu (27/2/2021).

Dalam pelatihan itu, Kasat Binmas Polresta Cirebon, Kompol Tri Silayanto, SH, menyampaikan materi mengenai peran serta Bhabinkamtibmas dalam masa PPKM mikro di desa atau kelurahan binaannya, pengetahuan dasar Covid-19 dan pedoman pencegahan serta pengendalian infeksi.

Sementara Wakasat Binmas Polresta Cirebon, AKP H. Sanawi, S.IP, menjelaskan materi tentang konsep dasar dan implementasi penelusuran kontak erat pasien Covid-19, aplikasi contact tracing, pencatatan dan pelaporan kontak erat.

 

Pewarta : Darto/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *