Sektor 7 Satgas Citarum Harum laksanakan Fermentasi BIOS 44 pada Anggota baru dan warga Desa Bojong Malaka

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kab. Bandung Jabar – Sektor 7 Satgas Citarum Harum melaksanakan fermentasi Bios 44 DC (Decomposer) kepada anggota Sektor 7 yang baru masuk dan warga bertempat di bantaran sungai Citarum di Desa Bojong Malaka Kecamatan Baleendah Kab. Bandung, Kamis (25/2/2021).

Sebelumnya telah dilaksanakan terlebih dahulu sosialisasi dan penyuluhan pembuatan pupuk BIOS 44 DC, juga diberikan pengetahuan tentang cara pembuatan BIOS 44 DC.

Selanjutnya dapat diaplikasikan tata cara pembuatan pupuk tersebut. Materi tersebut disampaikan oleh Dansub Bojong Malaka Serda Bagiyo. Pertama ia menjelaskan tentang proses pembuatan yang disesuaikan dengan kebutuhan maupun sasaran. Karena takaran dan campuran yang digunakan berbeda. Menyesuaikan kebutuhan penggunaan seperti padi sawah, hingga tanaman keras seperti cengkeh, pala, karet dan lain-lain.

 

Masing-masing segmen memiliki takaran tertentu, sehingga jumlah pupuk yang masuk dapat seimbang dan tepat. Karena pada dasarnya BIOS 44 DC ini merupakan mikroorganisme yang memberikan manfaat atau keuntungan bagi induk inangnya. Yang digunakan untuk padi seluas satu hektar sekarang ini kita gunakan sekitar 500 liter air dengan dicampur setengah bahan baku dan setelah 21 hari masa penggunaan kita bisa menambahkan kembali air dan 2,5 kg gula.

Penggunaan BIOS 44 DC ini akan sangat memberikan manfaat yang besar terhadap petani. Karena BIOS 44 DC ini merupakan hasil riset jajaran TNI Angkatan Darat yang penggunaan awalnya adalah memperbaiki lahan gambut dalam rangka penanganan kebakaran hutan di Sumatera dan telah berhasil. Sehingga penggunaan BIOS 44 DC ini disebar luaskan agar memberikan kontribusi positif di seluruh wilayah NKRI.

Bios 44 DC merupakan bahan fermentasi yang dapat mempercepat proses pembusukan materi organik lahan sekaligus meningkatkan PH tanah menjadi normal. Bios 44 juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan lahan pertanian, perkebunan dan lahan kolam perikanan.

 

Bios 44 DC ini juga untuk meningkatkan lahan tidak produktif menjadi lahan produktif serta dapat menormalisasikan lahan untuk kembali seperti semula.

Dansub Serda Bagiyo memberikan arahan kepada anggota baru dan warga Desa Bojong Malaka memfermentasikan Bios 44 DC yakni dalam torn 1.000 liter air kemudian dimasukkan Bio Activator dan fermentator serta formulator selanjutnya diaduk. Kemudian dimasukkan gula merah 10 kg yang sudah dicairkan lalu diaduk. Setelah semuanya dimasukkan dan diaduk kemudian ditutup rapat ditunggu selama 14 hari. Setelah 14 hari maka Bios 44 DC bisa digunakan.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson menambahkan,”BIOS 44 DC dapat befungsi sebagai suplemen yang dapat mengembalikan unsur hara tanah, dari yang tandus menjadi subur kembali.”

 

Pewarta : Darto / Pendam III Siliwangi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *