Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI tinjau Pos Satgas Pengamanan Perbatasan Malaysia – RI 

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kutai Barat Kaltim –Pangdam VI Mulawarman, Mayor Jendral TNI Heri Wiranto SE,MM,M.Tr(Han) mengunjungi Kutai Barat bersama dua orang Danrem, yakni Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.Ip (Danrem 091/Asn) dan Brigjen TNI Suratno, S.Ip (Danrem 092/Mrl), setelah sebelumnya berkunjung ke Kabupaten Mahakam Ulu.

Kedatangannya menggunakan helicopter PT. Nuh HAHA-5169 turun di Bandara Melalant disambut oleh Bupati Kutai Barat FX. Yapan S.H, Ketua DPRD Kutai Barat Ridwai S.H., Kapolres Kutai Barat AKBP Irwan Yuli Prasetyo S.IK, Dandim 0219/KBR Letkol Inf. Anang Sofian Efendi, beserta unsur Muspida, Senin (01/03/2021).

Kedatangan Pangdam VI disambut dengan tari-tarian khas Dayak dibarengi dengan upacara adat.
Selanjutnya rombongan Pangdam langsung menuju ke Makodim 0912/KBR untuk melakukan berbagai kegiatan.

”Kedatangan saya dalam rangka meninjau pos-pos satgas pengamanan perbatasan, yang dalam hal ini Mahakam Ulu dan Kutai Barat, yang pertama di Mahakam ulu ada perbatasan kita antara RI dan Malaysia, dimana ada satuan tugas kita yang nge-pam disana. Sekaligus saya melakukan peninjauan ke seluruh satgas pengamanan di sektor Barat, khususnya di wilayah Mahakam Ulu,” sebutnya.

Kunjungannya merupakan bagian rutin dalam rangka memastikan situasi di wilayah perbatasan ini dalam keadaan aman serta melihat langsung anggota yang bertugas dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik, termasuk di Kodim Kutai Barat.

Selain itu Pangdam mengatakan, ingin meyakinkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang digalakkan Pemerintah di wilayah Kubar dan kawasan perbatasan.

Dimana vaksinasi tahap yang kedua sudah dimulai dan diperuntukkan untuk beberapa masyarakat tertentu, setelah sebelumnya Vaksinasi yang pertama diperuntukkan tenaga kesehatan.

Oleh karenanya, Pangdam ingin mengecek di beberapa wilayah termasuk Kodim 0912 Kutai Barat. Dan Pangdam melihat Kodim sudah berkoordinasi baik dengan Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan untuk melaksanakan vaksinasi tahap kedua.

Vaksinasi tahap kedua rencana akan dilaksanakan di Makodim besok (03/03/21), yang menurut Pangdam tempatnya dinilai sudah jadi dan bagus.

“Artinya kita akan dukung pelaksanaan vaksinasi yang dicanangkan oleh Pemerintah agar bisa terselesaikan, sehingga masyarakat kita mencapai 70 persen terjadi hot imunity. Sehingga kita bisa terhindar dari covid. Dan TNI akan membantu sepenuhnya, untuk melaksanakan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah.” tegas Pangdam.

Saat ditanya wartawan tentang sinergitas TNI dengan Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, Pangdam menegaskan TNI sangat berkomitmen.

“Sejauh ini sambil menunggu pelaksanaan Vaksinasi, kita melaksanakan program, yakni pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan. Dan perintahnya kita melaksanakan sampai ke tingkat mikro, yang dikatakan PPKM berbasis mikro sampai RT dan RW,” ucapnya.

Menurut Pangdam, dengan mendorong masyarakat di daerah untuk melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah dan didukung penuh oleh unsur TNI dan Polri secara bersama-sama, maka diharapkan sambil menunggu vaksin berjalan, kesehatan masyarakat tetap terjaga dari Covid-19.

 

 

Pewarta : Heru .

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *