Penerima Manfaat di Labuan Banten Melalui PNM Mekar Menjadi Misteri XXX dalam Banpres Tahap 1

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Tujuan Presiden menyalurkan Banpres Produktif untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah untuk meningkatkan produktifitas.

Presiden meluncurkan insentif untuk rakyat yang disebut bantuan Presiden (Banpres) produktif sebesar 2.4 juta rupiah karena presiden berharap, Banpres ini meningkatkan produktifitas para pengusaha UMKM ditengah adaptasi kebiasaan baru.

Namun berbeda dengan yang dialami oleh keenam warga yang menjadi nasabah dari PNM Mekar yang kelompok di kp. Binglu Desa Sukarame Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang Banten ini belum bisa menikmati dari tujuan Presiden untuk bantuan banpres UMKM bahkan hanya merasakan kebingungan.

Dari informasi yang dapat digali oleh Mitrapol.com, dari ke Enam orang warga Kp. Binglu ini bahwa mereka sudah diberitahu dan tandatangan untuk mendapatkan banpres umkm dari bulan oktober tahun 2020 tahun lalu.

Iwa yang merupakan suami dari Siti Sumirat salah satu dari nasabah PNM Mekar ke Mitrapol.com menerangkan, bahwa dirinya terjun langsung untuk mengecek apakah yang ke enam ini mendapatkan banpres umkm ini sesuai yang pernah ditandatangi oleh ke enam nasabah PNM Mekar ini.

Iya pak saya sudah kebank BNI Labuan dan mempertanyakan apakah mendapatkan atau tidak.“ Terang iwa.

Disana melalui no NIK dari ke enam orang ini ada tertera mendapatkan bantuan dan tertera saldo sejumlah 2,4 juta tetapi tidak ada namanya dan hanya tertulis XX, saya juga bingung pak, dan saya pulang langsung memberitahukannya ke yang lainnya,” tambahnya.

Aneh yah pak, yah kami dari bulan oktober 2020 sudah menandatangani persyarastannya, ada saldo 2,4juta, tapi nama XX. Gak ngerti saya mah, melalui NIK keluar jumlah saldo, terus kami harus seperti apa pak,”tutur iwa dengan raut wajah kebingungan.

Untuk mempertanyakan hal ini media mitrapol yang didampingi Karyawati PNM mekar yang dari carita ini bersama-sama hadir di Bank BNI Labuan pada, Rabu/03/2021.

Ibu Arlin selaku perwakilan dari PNM mekar menjelaskan, bahwa mereka juga merasa kasihan dengan yang dialami oleh nasabahnya dan kenapa bisa seperti ini sedangkan segala macamnya dari pusat.

Ini pak, silahkan bapa tanya dan apa penjelasan dari pihak Bank BNI bahwa yang diberitahukan kepada nasabah PNM mekar itu benar seperti itu adanya.

Dari salah satu teller Bank BNI yang di Labuan menerangkan, bahwa ini betul melalui no nik KTP ada muncul dana bantuan senilai 2,4 juta dengan nama tidak ada tetapi dengan XX.” teranngya.

Hal ini sudah saya telepon kepusat kami yang di BNI serang mengakatan akan kami pertanyakan dan untuk diverifikasi datanya.

Ditempat terpisah Royen Siregar selaku ketua LSM SANRA (Sayap Amanah Nusantara) DPW Banten menerangkan ke Mitrapol.com untuk hal ini patut dipertanyalan ada apa dan kenapa bisa seperti ini.

Dikatakan Royen,bukankah PNM Mekar merupakan salah satu lembaga pengusul yang menjadi penyalur Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) senilai Rp2,4 juta.

PNM Mekar diketahui menjadi salah satu lembaga jasa keuangan yang fokus pada kelompok perempuan.

Setiap perempuan yang menjadi penerima pembiayaan PNM Mekar rata-rata merupakan pelaku usaha mikro.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan pemerintah. Tujuannya, agar BPUM 2021 bisa tepat sasaran sesuai dengan penerima pelaku usaha mikro.

Sepengetahuan saya yang mendapatkan bantuan melalui PNM Mekar,untuk yang sudah mendapatkan buku rekening dan ATM BNI Anda hanya mengecek melalui ATM terdekat untuk mengetahui apakah bantuan Banpres BLT UMKM Rp2,4 juta sudah masuk atau belum.

Untuk mengisi berkas tersebut harus membawa KTP dan KK agar dapat memudahkan saat pengisian berkas tersebut.

Setelah itu harus mengisi surat pernyataan kedua yakni Surat Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM dari pihak PNM Mekaar.

Ketika semua berkas sudah terisi dan lampiran berkas sudah dipenuhi selanjutnya serahkan berkas tersebut kepada pihak PNM Mekaar akan dikirimkan ke bank BNI.

Selanjutnya dari bank BNI akan memproses pembuatan rekening baru yakni khusus rekening terdapat logo PNM Mekaar.

Setelah rekeningnya jadi akan diserahkan ke petugas PNM Mekaar untuk diberikan buku rekening serta ATM dan nomor rekening kepada penerima Banpres BLT UMKM Rp2,4 juta.

Hal ini sudah dapat menikmati bantuan dana hibah Rp2,4 juta yang dapat dicairkan melalui ATM bank BNI terdekat.papar Royen.

Nah ini yang keenam warga indonesia yang ada dikp.Binglu ini bagaimana,dari nomor NIK ada saldo sejumlah 2,4juta,tapi nama XX.kalo sudah ada saldo berarti sudah ada buku rekening dan nomor rekeningnya donk,tapi nama siapa ko XX,haduhhh terus bagaimana dengan tujuan pak presiden yang sangat baik ini tetapi harus terbengkalai dengan yang seperti ini.” tutupnya.

 

Pewarta : Heru Mp / team

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *