Ketua PWI Kab Pandeglang Angkat Bicara Terkait Adanya Oknum Wartawan yang Memeras Narsum

  • Whatsapp
Ketua PWI Kab Pandeglang, Iman Fathurohman

MITRAPOL.com, Pandeglang – Diduga adanya oknum wartawan yang meminta nominal uang dengan tujuan yang tak jelas, ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang Iman Fathurohman angkat bicara, dan meminta terhadap masyarakat harus berani melaporkannya ke pihak yang berwajib, Senin (8/3/2021).

Dengan adanya dugaan tersebut sangat mencoreng nama baik wartawan, akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, dan sudah menodai para insan jurnalis yang ada, yang terus berjuang menjunjung tinggi kedaulatan sebagai pencari berita, sehingga apabila adanya oknum tersebut itu sudah benar – benar melukai hati para wartawan.

Diduga adanya oknum tersebut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang Iman Fathurohman mengatakan, dengan dugaan adanya oknum wartawan yang mendatangi sekolah dengan meminta nominal uang dengan tujuan tidak jelas bahkan di sertai dengan ancaman, korban harus berani melaporkan kepada pihak kepolisian.

“Lanjut ia,” Kalau ada oknum wartawan meminta uang kepada narasumber dan mengancam akan diberitakan kalau tidak diberi uang, itu sudah menyalahi kode etik jurnalis. Sehingga, korban harus berani melaporkan oknum tersebut, kepada aparat kepolisian karena itu sudah masuk tindak pidana pemerasan,” kata Iman.

Menurut Imam,” kalau itu benar seorang wartawan harus memegang teguh kode etik jurnalis salah satunya dengan tidak menyalahgunakan profesinya.

“Korban juga harus berani, kalau merasa telah diperas silahkan laporkan kepada aparat kepolisian. Karena, kita berada di negara hukum, sebab tidak ada yang kebal hukum termasuk wartawan, ketika melakukan tindakan yang melanggar hukum harus mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tuturnya.

Untuk itu, Iman berpesan, agar semua wartawan mematuhi kode etik jurnalis dengan tidak melakukan perbuatan yang dapat meresahkan masyarakat.

“Kita sebagai wartawan harus bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beriktikad buruk,” pungkasnya.

 

Pewarta : (Muklis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *