Bupati Mimika resmi serahkan DPA TA 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Bupati Kabupaten Mimika, Papua, Eltinus Omaleng secara resmi menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2021 kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika berlangsung di Pendopo, Rumah Negara, SP-3 pada Rabu (10/3/2021).

Bupati Omaleng dalam sambutannya mengatakan, telatnya penyerahan DPA tahun anggaran 2021 karena adanya perubahan penggunaan sistim pengelolaan keuangan yang baru dari Pemerintah Pusat yakni Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Dimana sebelumnya menggunakan Sistem informasi Manajemen Daerah (SIMDA).

Perubahan sistim pengelolaan keuangan daerah itu tertuang didalam Permendagri nomor 90 tahun 2019 tentang Klasifikasi Kodifikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Meski alami keterlambatan, Ia optimis tiap organisasi perangkat daerah OPD dapat meraih capaian target langkah awal kinerja di tahun anggaran 2021.

“Dengan demikian, OPD segera menunjuk Pejabat Pengelola Keuangan (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pelaksanaan Teknisi Kegiatan (PPTK), bendahara penerimaan dan penyimpan barang daerah,” kata Eltinus.

Menurutnya, hal itu Ia tekankan agar program kerja di tiap OPD yang sudah dicanangkan dan disetujui DPRD dapat berjalan sesuai prosedural dan terlaksana dengan baik.

Bupati juga mengimbau kepada tiap kepala OPD agar menaati dan menjalani mekanisme dan prosedur yang berlaku dalam proses pelelangan proyek OPD. Dimana harus mengacu pada perpres nomor 54 tahun 2010 tentang pedoman pelaksanaan pengadaan barang dan jasa atau perubahan terbaru.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *