Jalin silaturahmi, Pemkab Mimika ngopi bareng dengan Insan PERS

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika, Guna menjalin silaturahmi dengan Insan Pers. Jajaran Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Michael Rooney Gomar, S.STP,.M.Si bersama Kepala Dinas Kominfo, Abraham Kateyau dan Kabag Humas dan Protokol Pemda Mimika, Moses Yarangga menggelar acara Ngopi Bareng bersama pekerja PERS di Mimika.

Ngopi bareng sambil bincang-bincang itu berlangsung di Balliem Cafe, Horison Hotel, Jalan Hasanuddin, Timika, Jumat (12/3/2021) malam.

Dalam acara tersebut, Pemkab Mimika menerima aspirasi yang disampaikan oleh wartawan perwakilan dari berbagai media baik Cetak, Online maupun Elektronik yang ada di wilayah Kabupaten Mimika, Papua.

“Pemerintah daerah mimika saat ini lebih transparan dan tidak alergi terhadap kritikan dari pekerja PERS. Justru kritikan itu menjadi bahan evaluasi supaya ada perbaikan untuk perubahan yang lebih baik,” kata Gomar kepada awak Media.

Sekda mengakui, kehadiran media sebagai pilar demokrasi ke empat memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan seluruh elemen termasuk pemerintah untuk mengawal pembangunan untuk capaian target Visi dan Misi Pemerintahanan Daerah Mimika.

“Saya akui, keberadaan media sangat penting dan membantu mengawal jalanya pembangunan di kabupaten mimika. Kami berharap kerjasama yang baik dan independensinya tetap terjaga,” ujarnya.

Dengan demikian, selaku panglima tertinggi Aparatur Sipil Negara ASN di Kabupaten Mimika, Ia berharap agar pekerja PERS dan Pemerintah saling bergandengan guna menyukseskan jalannya program pembangunan di Kabupaten Mimika.

Secara khusus pekerja PERS yang hadir menyoroti penggunaan dana pembinaan Media pada Pemda Mimika. Selain itu juga memberikan berbagai saran dan masukan kepada Pemda termasuk kinerja Diskominfo serta Humas dan Protokoler Pemda Mimika.

Diketahui, dari sekian banyak media Massa yang ada, Pemkab Mimika mengakui hanya menjalin kemitraan alias kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan tujuh Media menghabiskan anggaran pembinaan media setiap tahun.

Itupun empat media diketahui baru ditambahkan. Dimana sebelumnya hanya ada tiga media yang menikmati kucuran dana oleh pemerintah daerah mimika tersebut.

Sejumlah Insan Pers kemudian mengkritisi dan mempertanyakan penggunaan anggaran media tersebut.

Sekda Mimika, Michael Rooney Gomar, S.STP,. M.Si

Salah satu diantaranya bernama Mustofa, Ia menilai, anggaran yang diperuntukkan bagi media massa itu hanya dinikmati beberapa media saja. Sementara media lain bak dianak tirikan. Ia kemudian pertanyakan legalitas apa yang harus dipenuhi sehingga banyaknya media termasuk sejumlah media nasional tidak dapat bekerjasama selama ini.

“Teman-teman media lainnya sebenarnya juga berhak mendapatkan dana pembinaan media atau apalah namanya itu. Ini masalah keadilan saja karena bnyak media di Timika ini,” tegas Mustofa.

Menanggapi atensi dari para Insan Pers tersebut, Sekda Mimika menyatakan akan berupaya untuk melibatkan seluruh media yang ada di Kabupaten Mimika untuk bekerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“Kami (Pemkab Mimika-red) akan bekerjasama dengan seluruh media yang ada di Kabupaten Mimika. Saat ini ada tujuh media yang tercatat sudah masuk kerjasama,” terangnya.

Sekda Gomar juga berjanji kepada pekerja PERS bahwa pertemuan tersebut akan diagendakan berkelanjutan.

“Pertemuan ini akan terus dilakukan. Bisa satu minggu sekali atau tiga Minggu sekali, sehingga masukan-masukan dari jurnalis dapat menjadi acuan bagi pemerintah,” tutupnya.

Sementara itu, anggota DPRD Mimika, Tanzil Azhari turut hadir dan mengatakan bahwa Pemda Mimika sudah selayaknya membantu pekerja PERS dalam hal kesejahteraan. Hal ini karena para Jurnalis turut mewarnai suksesnya pembangunan di Kabupaten Mimika.

“Pekerja media diakui atau tidak, sudah ikut andil dalam merubah daerah ini, sehingga sangat pantas mereka dibantu. Semua berharap kepada abang Sekda untuk perjuangkan hal ini,” ujarnya.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *