Aparat gabungan TNI-Polri tangkap 1 terduga anggota KKB di Mimika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Aparat gabungan TNI-Polri berhasil menangkap satu orang yang diduga ikut berafiliasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Sabtu, 13 Maret 2021 lalu.

Hal ini terungkap saat Kapolres Mimika menggelar konferensi pers didampingi Dandim 1710/Mimika, Danlanud serta Danlanal bertempat di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Jalan Cenderawasih, Timika pada Rabu (17/3/2021).

Kapolres AKBP I Gusti Gde Era Adhinata dalam keterangan pers mengatakan, penangkapan terduga anggota KKB bermula dari hasil penyelidikan oleh timnya, dimana ada pergerakan dari anggota KKB dalam rangka menyuplai bahan makanan untuk kelompok KKB.

Dari hasil itulah kemudian tim bersiaga di area jalan PT PAL Trans Papua.

Petugas kemudian mengintai satu mobil yang dicurigai kuat ditumpangi para terduga anggota KKB.

Mobil yang ditumpangi empat orang itu bermerek Avanza putih dengan nomor polisi PA 1629 MM melintas dengan kecepatan tinggi menuju area PT.PAL

Atas kecurigaan tersebut, petugas kemudian menyetop mobil tersebut dan menginterogasi empat orang penumpang termasuk pengemudi.

Satu dari empat orang langsung diamankan. Sementara tiga orang lainya dibebaskan karena tidak memenuhi unsur pidana.

“Dari hasil investigasi ditemukan bahwa salah satunya adalah saudara Ter Jangkup yang diketahui merupakan pelaku penembakan mobil PJJ Brimob dan Bus milik PT Freeport di Utikini Distrik Tembagapura yang terjadi tanggal 8 Maret 2020,” beber Kapolres.

Petugas juga mengamankan barang bukti berupa empat telepon genggam dan beberapa foto yang diakui memiliki kecocokan dengan data kepolisian.

Kapolres menegaskan Aparat gabungan TNI-Polri akan terus melakukan pengejaran dan menindak tegas terhadap kelompok yang sengaja ingin berlawanan dengan NKRI tersebut.

“Kita (Aparat gabungan-red) sudah mengetahui rencana KKB yang dimpimpin oleh Joni Botak yang ingin minta bantuan bama. Kita berusaha, tidak ada bama masuk untuk membantu kelompok tersebut,” tutupnya.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *