Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari mulai realisasikan Program Piring Emas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Manokwari Papua Barat – Upaya menumbuhkan kwalitas hidup masyarakat dan lingkungan di sekitarnya pada masa pandemi covid-19. Kodim 1801/Manokwari dan BRI cabang Manokwari bersinergi melaksanakan kerjasama dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (17/03/2021)

Kerjasama Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari adalah Program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan dapat disebut juga PIRING EMAS (Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat) yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional yang merupakan awal penyerapan tenaga kerja, Pertumbuhan Dunia usaha, Peningkatan Penghasilan Masyarakat serta dapat memicu titik awal Pemerataan pembangunan daerah hingga Nasional.

Piring Emas ini telah berjalan di Distrik Masni dan yang melaksanakan adalah Koramil 1801-06/Masni. Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat yang sudah berjalan diantaranya Program Tanaman Hidroponik di Koramil 1801-06/Masni yang sudah melaksanakan panen Sayur Sawi di Tanaman Hidroponik, Program Pembuatan Ramuan Obat Ternak (Roter) dan Pembuatan Rens/Pagar Sapi di Kampung Muara Prafi yang bertujuan untuk menertibkan Sapi Liar dan penggemukan sapi.

Dalam hal menertibkan sapi liar ini, Koramil Masni berupaya mencegah terjadinya adanya gesekan antara peternak dengan petani dan membantu pertumbuhan populasi usaha pemeliharaan ternak sapi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Distrik Masni.

Selain itu, masih ada Program Piring Emas yang sedang berjalan adalah Budidaya Ikan Lele sebanyak 10.000 ekor di Lahan Kosong Kodim 1801/Manokwari. Keempat Program tersebut yang sudah dilaksanakan merupakan wujud keseriusan Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Manokwari. Piring Emas ini juga akan dilaksanakan di Distrik Masni, Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Pegunungan Arfak agar program ini dapat dirasakan kalangan masyarakat khususnya di wilayah Kodim 1801/Manokwari.

Saat dikonfirmasi, Kepala BRI Cabang Manokwari Rits Jacobus De Fretes menyampaikan bahwa BRI sebagai penompang UMKM yang jelas tujuan utama kami adalah melakukan recovery UMKM dalam kondisi Pandemi Covid-19. Salah satu caranya seperti ini benar-benar mengapresiasikan Kodim 1801/Manokwari yang sudah menggandeng BRI dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk di masa pandemi covid-19 ini” pungkasnya.

“Kerjasama Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari ini merupakan langkah awal membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki suatu daerah serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal yang berada di wilayah Kabupaten Manokwari,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Adm

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *