Tanpa ada Perawatan Prasarana Sekolah, Kemana Anggaran Dana BOS SMPN 7 Kota Metro

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah diterima oleh masing – masing sekolah. Tetapi sebagian dari sekolah yang ada ini, diduga tidak melaksanakan sesuai dengan apa yang sudah dilaporkan.

Terbukti, salah satunya di SMPN 7 Kota Metro, bahwa tidak ada perawatan prasarana sekolah.Terlihat gedung sekolah di masing – masing kelas cat tembok terkelupas, kusam tidak ada pengecatan, plapon kelas jebol serta ada kaca jendela ruang kelas pecah. Adapun kerusakan yang sangat ringan dibiarkan saja berlarut – larut dan tanpa ada perhatian oleh pihak sekolah.

Hal ini menjadi tanda tanya bagi tim awak media, dikemanakan anggaran dana BOS yang berjumlah ratusan juta rupiah tersebut. Sehingga menimbulkan dugaan,bahwa dana BOS tersebut telah diselewengkan oleh pihak sekolah.

Tri selaku Satpam SMPN 7 Metro,membenarkan bahwa pengecatan disekolah terakhir dilaksanakan pada tahun 2019.Dijelaskannya ,pada saat tim media ingin mengisi buku tamu/visitor.Namun , buku tamu tidak ada.

“Maaf pak, disini pos satpam tidak ada buku tamu. Padahal saya juga sudah meminta ke kantor untuk buku tamu visitor dan keluar masuk barang sekolah.Kalau pengecatan sekolah belum lama, sekitar tahun 2019 lalu,” ungkap Tri.

Pada kesempatan itu,tim media menemui Wagino,S.Pd selaku Plt.Kepala SMPN 7 Metro. Namun,tidak sedang tidak berada ditempat dikarenakan sedang dinas luar.

Selanjutnya tim media, ditemui Rosmita selaku Bidang Sarpras serta Nova sebagai Bendahara SMPN 7 Metro mengatakan,bahwa telah melaksanakan pemeliharaan sekolah sesuai aturan.

“Banyak yang sudah dilakukan ,tapi secara bertahap.Itu pengecatan pagar sekolah,pengecatan visi misi adalah pemeliharaan sekolah “, jelas Nova.

Padahal dan perlu diketahui, bahwa pada tahun 2020, SMPN 7 Metro telah menerima anggaran dana Bos sebesar Rp. 581.680.000 terbagi dalam 3 tahap/triwulan ,yakni :

# Triwulan I = Rp. 171.930.000
# Triwulan II = Rp. 229.240.000
# Triwulan III = Rp. 180.510.000

Dana BOS tersebut,dan dimasing – masing triwulan ada item untuk perawatan dan pemeliharaan sekolah. Namun ,fakta dilapangan sejumlah fasilitas sekolah rusak tanpa ada perawatan.

Selanjutnya tim media akan menemui kembali Wagino selaku Plt.Kepala SMPN 7 Metro guna menjelaskan peruntukan dana BOS.

 

TIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *