Miris, Bendera Merah Putih Rusak dan Robek Berkibar di Kantor DPRD Metro

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Bendera merah putih yang kondisinya sudah usang, masih saja dibiarkan berkibar di kantor DPRD Metro.Melihat kondisi bagian dari warna bendera merah dan putih tersebut sudah pudar dan kondisi sudah robek.

Dalam hal ini,Sekretariat Kantor DPRD Kota Metro terindikasi dan diduga telah melanggar ketentuan UU Nomor 24 tahun 2009, tentang Bendera Negara.

Pada Pasal 24 Undang-Undang tersebut, diatur soal larangan yang dilakukan terhadap Bendera Negara, disebutkan bahwa Setiap orang dilarang mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam. Adapaun ancaman pidana selama 1 ( satu) tahun penjara dan denda paling banyak Rp.100.000.000 ( seratus juta rupiah ).

Atas pemandangan bendera merah putih robek dan kusam itu, yang masih terpasang di Sekertariat DPRD Metro. Wendy ( 45 ) seorang jurnalis menyatakan, kecewa tanpa ada perhatian terhadap lambang negara tersebut.

” Kami prihatin melihat bendera merah putih dalam kondisi seperti itu masih berkibar, selain warnanya sudah pudar, juga kondisinya sudah robek ,” kata Wendy, Kamis (18/3/2021).

Masih dikatakannya, bahwa mengingat pada hari ini bertepatan dengan HUT ke 57 Provinsi Lampung. Apalagi pada hari ini akan dilaksanakan rapat paripurna yang dihadiri para tamu.Seharusnya pihak sekertariat lebih memperhatikan bendera merah putih tersebut.Jangan sampai robek dan kusam seperti ini dan masih terpasang.Jangan – jangan bendera merah putih ini tidak pernah diturunkan.Sehingga sampai robek dan kusam seperti itu,” jelas Wendy.

Diminta kepada penegak hukum TNI dan Polri untuk memberikan teguran kepada Ketua DPRD Metro, serta menjelaskan tentang UU No 24 tahun 2009 yakni larangan tentang pengibaran bendera yang lusuh,kusam dan robek.Sehingga kedepan setiap instansi maupun masyarakat tidak memasang bendera merah putih yang tidak layak.

Sementara itu, pihak sekertariat DPRD Kota Metro belum dapat di konfirmasi.

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *