BTP Jawa bagian Timur targetkan Jalur KA Segmen 3 Rampung 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, JAKARTA – Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa bagian Timur targetkan Pembangunan pada segmen 3 meliputi wilayah Pangkep dan Maros, yakni sepanjang 60 kilometer, yang rencana target penyelesaiannya pada tahun 2021.

PPK Pengembangan Perkeretaapian wilayah Kabupaten Pangkep Achmad Affandy, ST, menjelaskan untuk di wilayah Kabupaten Pangkep, progres konstruksinya sudah ±70 persen, sedangkan di Kabupaten Maros ±50 persen. Karena masih terkendala proses pengadaan lahan namun Pembangunan jalur KA di Kabupaten Pangkep dan Maros yang rencana Ditargetkan selesai pada tahun 2021 akan selesai, proyek ini memiliki peran penting bagi perekonomian nasional.

Setelah itu lanjut Affandy, akan dilakukan pengujian pada jalur KA Makassar-Parepare segmen 1 dan 2 sepanjang 42 kilometer yang telah selesai pembangunannya hingga akhirnya dapat digunakan oleh publik dan akan dioperasikan pada tahun 2022,” papar Affandy pada Tim media Mitrapol saat berkunjung kekantornya, Kamis (4/3/2021).

Proyek ini mampu memberikan peningkatan produk domestik bruto sebesar Rp 2,51 triliun dengan internal rate of return (IRR) sebesar 22,98% bagi perekonomian di Sulawesi Selatan. Proyek ini diperkirakan akan memperdayakan 6.164 tenaga kerja dengan dibangunnya jalur kereta api Makassar – Parepare maka waktu tempuh antar kedua kota dapat dipersingkat hingga dua kali lipat, dari 3 jam menjadi 1,5 jam.

Kereta api ini memiliki potensi angkutan yang besar, baik angkutan penumpang maupun barang dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang beroperasi di sejumlah stasiun yang diharapkan dapat memperoleh dampak positif.

 

(Red/Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *