Korupsi pengadaan TPA Sampah, mantan Kadis Kebersihan Karo divonis 2 tahun penjara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Candra Tarigan ST (60), mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab. Karo divonis 2 tahun penjara, karena terbukti bersalah melakukan korupsi pada pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Desa Dokan Kec. Merek Kab. Karo, Sumatera Utara.

Majelis hakim diketuai Jarihat Simarmata yang bersidang secara virtual di ruang Cakra-2 Pengadilan Tipikor pada PN Medan, Jumat (19/3/2021), juga menjatuhkan denda Rp 50 juta subsider satu bulan kurungan.

Sedangkan menyangkut kerugian negara sebesar Rp1.481.109.025, hanya Rp 100 juta yang dibebankan kepada terdakwa dan telah dibayar melalui penuntut umum.

Menurut majelis hakim, terdakwa terbukti bersalah, sesuai dakwaan subsider, disecara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi dalam kegiatan pengadaan lahan untuk TPA Sampah TA 2016.

Terdakwa melanggar Pasal 3 Jo. Pasal 18 UU Nomor 31Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Putusan majelis hakim lebih ringan dibanding tuntutan JPU Akbar Pramadhana dari Kejari Karo yang menuntut 3 tahun penjara, denda Rp 50 juta subsider 6 bulan kurungan, uang pengganti telah dibayar Rp 100 juta.

Mengutip dakwaan, Candra Tarigan merupakan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab. Karo, sekaligus sebagai Pengguna Anggaran (PA) dalam Kegiatan Jasa Penilai Publik (Tim Appraisal/ Penilai Harga Tanah) untuk pengadaan tanah TPA Sampah.

Menurut JPU, perbuatan terdakwa memperkaya diri sendiri juga memperkaya saksi Ingan Sinik Br Ginting, Kuning Br Brahmans dan KJPP Doli Siregar & Rekan.

Tanah yang dibeli seluas ±7 Ha, seharga Rp. 1,2 milyar di Desa Dokan Kec. Merek. Belakangan lahan untuk TPA Sampah itu terbengkalai tak dapat dipergunakan.

Hasil Audit BPKP Sumatera Utara menyebutkan, perbuatan terdakwa merugikan negara Rp. 1.437.454.479 untuk pembelian tanah, dan Rp. 43.654.546 untuk jasa Konsultan KJPP,

 

Pewarat : ZH

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *