LPTQ Mimika gelar STQ Ke X dibuka oleh Sekda Mimika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke X tingkat Kabupaten Mimika, Papua digelar di Gedung Serbaguna Babussalam, Jalan Ki Hajar Dewantara, Timika pada Jumat, (26/3/21) malam.

Ajang lomba dua tahunan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika sebagai bagian dari persiapan Kafilah STQ Kabupaten Mimika untuk berlomba di tingkat Provinsi Papua di Kota Jayapura yang direncanakan pada awal Juni 2021 mendatang.

Kegiatan STQ ke X tingkat Kabupaten Mimika ini akan berlangsung selama 3 hari terhitung Jumat hingga Minggu (28/03).

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Mimika, Michael Rooney Gomar, S.STP.,M.Si mengatakan ajang STQ ke X ini bukan hanya sebagai seremonial belaka, akan tetapi bertujuan untuk mensyiarkan ajaran Islam di bumi tanah Papua khususnya Kabupaten Mimika.

“Alquran mengajarkan prinsip-prinsip hukum dan etika dalam bingkai normatif untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang harmonis dimanapun umat berada,” kata Bupati Eltinus yang dibacakan oleh Sekda Mimika.

Alquran lanjutnya, merupakan kitab suci dan syarat dengan inspirasi dan motivasi agar menciptakan generasi-generasi imani yang handal. Pelaksanaan STQ ini merupakan wujud nyata dari kepedulian kita terhadap pengembangan agama Islam.

Menurutnya, tujuan kegiatan STQ ini agar meningkatkan kualitas Qori dan Qoriah serta Hafidz dan Hafidzah yang berprestasi di Kabupaten Mimika untuk bersiap tanding di level tertinggi.

“Atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat atas dilantiknya para dewan hakim STQ ke X dan para peserta STQ yang akan mengikuti lomba. Semoga hasil dari STQ ini para juara nanti membawa nama baik dan mengharumkan nama Kabupaten Mimika kedepan,” tandasnya.

Usai membacakan sambutan Bupati Mimika, Michael Rooney Gomar secara resmi membuka acara pembukaan STQ Ke-X ditandai dengan pemukulan Tifa.

Untuk diketahui, cabang mata lomba STQ ke X tingkat Kabupaten Mimika yang dipertandingkan yakni Cabang Tilawah Anak-Anak Putra-Putri, Dewasa Putra-Putri, dan Cabang Hifdzil 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Total jumlah peserta yang mengikuti ajang STQ ke X ini sebanyak 104 orang. Tesebar pada peserta Tilawah berjumlah 35 orang dan peserta Hifdzil sebanyak 69 orang.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *