Komisi I DPRD Metro dukung perluasan TAPS Karangrejo secara modern

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro mendukung peningkatan sarana TPAS ( Tempat Pemrosesan Akhir Sampah ) Karangrejo untuk dikelola secara modern.

Hal itu disampaikan oleh, Basuki selaku Ketua Komisi I DPRD Kota Metro mengatakan, bahwa lahan TPAS Karangrejo perlu perluasan agar mampu menampung lebih banyak sampah.

“Mengenai pengelolaan sampah secara modern di TPAS Karangrejo,kami sudah membahas. Tentunya untuk mencapai semua itu, harus juga diimbangi dengan lahan yang cukup dan memadai agar sampah tidak menumpuk tinggi seperti saat ini,” kata Basuki, Jumat (26/3/2021).

Menurutnya, dalam aturan ada kebijakan dalam Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

“Bahwa Indonesia terus berkejaran dengan waktu mengerahkan segala upaya agar produksi sampah plastik di Indonesia bisa berkurang. Sehingga target pengurangan sampah  hingga 70% pada 2025 diharapkan bisa tercapai,” ucapnya.

Ditambahkannya, sebagai tolak ukur Pemerintah Kota Metro bisa mencontoh Kota Surabaya yang membangun 28 tempat pembuangan sampah terpadu (TPST). Dalam rangka memangkas ongkos pembuangan sampah ke TPA.

Dimana sampah yang pada akhirnya terkumpul di TPA dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Basuki menambahkan, Metro juga bisa mencontoh penerapan metode pengeringan biologis atau Refuse-derived Fuel (RDF).

“Sampah selalu berhubungan dengan masalah sosial dan lingkungan. Tapi kita sering lupa, kalau kita belum bisa mengelola sampah menjadi salah satu sumber ekonomi. Nah, bagaimana ke depan sampah ini bisa dikelola dengan benar, bermanfaat ekonomi tapi juga ramah lingkungan,” tutup Basuki.

 

 

Pewarta : MM/rilis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *