Rembuk Paripurna KTNA Lampung, Gubernur Arinal Beri Sukseskan Kartu Petani Berjaya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi memberi semangat para petani dan nelayan yang tergabung dalam Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Lampung, untuk menyukseskan program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Hal itu disampaikan, Gubernur Arinal saat membuka Rembuk Paripurna KTNA Provinsi Lampung di Kebun PKK Agropark, Sabah Balau, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Gubernur Arinal, bahwa KTNA harus ikut andil bagian dan tidak terpisahkan dalam membangun pertanian yang maju, mandiri dan modern di Provinsi Lampung.

“Melalui program KPB ini permasalahan para petani juga terjawab. Bagi para petani termasuk KTNA harus menjemput KPB, menjadi sandaran dan dibawa bersama KTNA,” ujar Gubernur Arinal yang jug sebagai pembina KTNA Provinsi Lampung.

Arinal menyebutkan, melalui KPB dirinya ingin seluruh petani maju dan bangkit di Provinsi Lampung.

“Pertanian harus bangkit diLampung, peran KTNA menyuarakan hati para petani bersama-sama mengajak sukseskan KPB. Adapun jaminannya adalah dengan memberikan kepastian dalam usaha budidaya pertanian (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan),” katanya.

Lebih lanjut, Arinal menyebutkan bahwa seperti ketersediaan sarana produksi pertanian, akses keuangan permodalan perbankan, koperasi, LKM, dan/atau akses keuangan lainnya yang sah.
Termasuk pembinaan manajemen usaha dan teknologi dalam bentuk pendampingan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi, penanganan panen dan pasca panen serta pemasaran hasil usaha pertanian melalui pasar dan/atau pembeli.

“Pertanian di Lampung harus melakukan banyak lompatan inovasi. Untuk itu, kebijakan pemerintah Provinsi Lampung memasuki revolusi industri 4.0 atau digitalisasi dibidang pertanian adalah melalui KPB,” ujarnya

Arinal mengatakan,akan ditambah juga kepastian dalam usaha budidaya pertanian (Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan).Penerapannya dengan ditetapkan Provinsi Lampung sebagai lokomotif pembangunan pertanian Indonesia oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

KPB juga telah direspon oleh para Kementerian seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, dan Kementerian Dalam Negeri. Untuk itu, Arinal mengajak KTNA untuk merespon cepat program KPB ini agar dirasakan manfaatnya oleh seluruh petani.

“Kita harus cepat, karena ini produknya dari Lampung dan menjadi program nasional pada masa yang akan datang. Kalau bukan sekarang para KTNA, mau kapan lagi,” ujarnya.

Arinal meminta KTNA harus bekerja profesional dan mampu membangkitkan semangat untuk membangun.

“Saya akan hadir dan akan didepan KTNA. Kita harus tunjukkan kepada Indonesia sesungguhnya kita bisa,” pungkasnya.

Rembuk Paripurna KTNA ini selain menetapkan program kerja organisasi KTNA Provinsi Lampung , juga melaksanakan pemilihan pengurus KTNA Provinsi Lampung periode 2021-2026.

Acara ini turut dihadiri Anggota DPR RI Hanan A. Rozak, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung (FP Unila) Irwan Sukri Banuwa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan, para alumni pertanian IPB, Unpad, UGM dan pihak perbankan.

Pewarta :MM/ rilis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *