Bupati Toba Tinjau Lapangan Aliran Sungai Simate Mate

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – Sebagai bentuk anti sipasi serta memberikan rasa nyaman bagi masyarakat agar jangan sampai terjadi banjir, Bupati kabupaten toba Ir Poltak Sitorus didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Sikkat Sitompul melakukan peninjauan langsung aliran sungai Aek Simate-mate, Kelurahan Pardede Onan, Kecamatan Balige, Rabu (07/04/21).

Bupati toba saat ditemui dilokasi menyampaikan bahwa pihaknya ingin melihat langsung aliran sungai tersebut apakah berjalan dengan baik.

“Ini kan sering banjir jadi kita ngecek titik-titik dimana yang bisa kita perbaiki supaya jangan lagi terjadi banjir dibalige ini, jadi kita periksa disini. Tadi saya sudah bicara dengan kadis PUPR, bahwa ada poin disana yang harus kita buka supaya bisa sampai di Danau Toba,” ujar Bupati Poltak sitorus.

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Toba Sikkat Sitompul saat diminta tanggapanya menjelaskan kondisi genangan air yang kerap terjadi di pusat kota Balige saat turun hujan diakibatkan saluran air yang tidak mampu menampung debit air.

“Akibat saluran air yang tidak mampu menampung debit air sehingga sering sekali banjir dan tertumpu di bundaran Balige, dekat monumen DI Panjaitan,” terangnya.

Diterangkanya, hasil peninjauan lapangan ini akan dibawakanya pada musrembang provinsi guna dimasukan dalam agenda rencana perbaikan mengantisipasi banjir.

“Hal ini dalam rangka usulan ke provinsi, karena besok akan dilaksanakan musrembang di provinsi. Solusinya itu harus dipecah badan jalan agar tidak satu lagi salurannya. Namun itu anggaran dari APBN karena jalinsum itu kan provinsi punya maka kita akan usulkan,” terang sikkat.

Di salah satu lokasi peninjauan di sungai Aek Simate-mate, Sikkat menilai perlunya normalisasi sungai.

“Aek Simate-mate ini rencananya akan kita normalisasi dan untuk saluran lainnya perlu dibuat seperti sodetan lah nanti untuk pembuangan langsung ke danau, dibagi pembuangannya itu. Nanti kita lihat dengan pak bupati, memang sudah ada tapi masih kecil,” pungkasnya.

Usai meninjau lokasi aek simate mate, Bupati dan rombongan disebutkan akan meninjau beberapa lokasi lainnya.

 

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *