Ulama Besar Paku Banten Abuya Uci Turtusi Meninggal Dunia

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Abuya Uci Turtusi, lebih dikenal dengan sebutan Abah Uci merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah yang berlokasi di Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang Banten meninggal dunia karena sakit, Selasa 6/4/2021 pagi.

Abuya Uci, ulama berkharisma merupakan keturunan (anak) dari Abuya Dimyati Al-Bantani sosok ulama besar di Provinsi Banten yang terkenal diseluruh Nusantara sebagai kota seribu kiyai sejuta santri.

Abuya Uci Turtusi juga dianggap pantas jika disandingkan dengan Ulama Paku Banten seperti ketiga Ulama termasyhur diantaranya, Abuya Syar’i, Abuya Muhtadi dan Abuya Munfasir.

Sebagai Guru besar jema’ah dan Pimpinan Pesantren Al-Istiqlaliyyah (Cilongok) Abuya Uci Turtusi mengajarkan ilmu agama kepada ratusan santri muqimin dan jema’ah pengajian rutin (Mingguan) di pondoknya.

Selain itu, Ulama sahabat Habib Luthfi bin Yahya ini juga rutin memperingati hari Wafat (Haul) Syekh Abdul Qadir Zaelany.

Pada setiap tahunnya, para ulama, umaro, santri dan masyarakat dari berbagai daerah hingga dari luar pulau jawa datang berkumpul guna mengikuti jejak Abuya Uci Turtusi memuliakan hari wafatnya Sahabat Rasulullah SAW (Syekh Abdul Qadir Zaelany).

Ucapan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya Abuya Uci Turtusi terus mengalir disampaikan oleh sejumlah tokoh dan kalangan baik melalui media elektronik, media online hingga media sosial

“Selamat jalan Guru besar kami, semoga Khusnul Khotimah,”Ungkap H. Agus R Wisas Tokoh masyarakat di Kabupaten Lebak, dikutip mitrapol.com dari akun media sosial milik pribadinya,

 

Pewarta : Ubay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *