Lagi-lagi, Ditkrimsus Polda Aceh tak Beri ampun untuk pelanggar Ilegal Mining

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lhokseumawe – Polda Aceh melalui bagian Ditkrimsusnya yang di komandoi oleh Kombes.Pol. Drs. Margyanta, SH.MH, berhasil mengamankan beberapa unit exavator yang patut diduga telah melanggar hukum yang berlaku, bagian Subdit IV Ditreskrimsus Polda Aceh yg dipimpin langsung oleh Kanit I AKP Abdul Hamid S.H, telah berhasil melakukan penindakkan terhadap dugaan TP. Pertambangan Mineral dan Batubara tanpa IUP-OP di 3 (tiga) lokasi yaitu :

– Desa Rayeuk kareueng kecamatan Blang Mangat kota Lhokseumawe, sekira jam 11.30 Wib.
– Desa Paya peunteut Kecamatan Muara dua kota Lhokseumawe, sekira jam 12.20 Wib.
– Desa Paya peunteut Kecamatan Muara dua kota Lhokseumawe sekira jam 12.35 Wib.

Adapun Identitas terlapor adalah :

Tempat Kejadian Perkara (TKP) I :
1. Nazaruddin (Pengelola) umur 38 tahun, pekerjaan Wiraswasta, alamat Desa Rayeuk Kareueng Kecamatan Blang mangat Kota Lhokseumawe.

2. Hendra (Pengawas) umur 30 tahun, pekerjaan Wiraswasta, alamat Desa Rayeuk Kareueng Kecamatan Blang Mangat Kota Lhokseumawe.

3. Muhammad Asri (Operator) umur 25 tahun, pekerjaan Pelajar, alamat Simpang Jaya Krueng Tuan Desa Alue dua Kecamatan Nisam Antara Kabupaten Aceh Utara.

Tempat Kejadian Perkara (TKP) II :

1. MUKLIS ALI (Ceker) umur 46 tahun, Pekerjaan Wiraswasta, alamat Desa Paya peunteut Kecamatan Muara dua Kota Lhokseumawe.
Keterangan : Sakit

2. Jalaluddin (Pengelola) umur 42 thn, Wiraswasta, alamat Desa Paya puenteut Kecamatan Muara dua Lhokseumawe.

3. Munawir (Operator) umur 23 thn, wiraswasta, alamat Desa Blang pantang muara satu Lhokseumawe.

Tempat Kejadian Perkara (TKP) III :

1. Herman (Pengelola) umur 50 thn, Wiraswasta, Desa Uteunkot Kecamatan Muara dua Lhokseumawe.

2. Samuri (Operator) umur 60 tahun, wiraswasta, Desa. Meunasah Blang Kecamatan Muara dua Lhokseumawe.

Barang bukti yang di amankan adalah :

TKP I :
1 (Satu) Unit alat berat Merk Hitachi warna orange.

TKP II :
1 (satu) unit alat berat Merk CAT warna kuning.

TKP III :
1 (satu) unit alat berat Merk Hitachi warna orange.

Adapun waktu kejadian yang didapat awak Mitrapol :
Hari selasa tanggal 06 April 2021 di TKP Pertama sekira jam 11.30 Wib, di TKP kedua Sekira jam 12.20 Wib, dan di TKP ketiga Sekira jam 12.35 Wib.

Kronologis kejadian:
Pada hari dan tanggal tersebut diatas sekira Pukul 11.00 wib s/d selesai Tim Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Aceh melakukan penyelidikan tentang Tp. Pertambangan Mineral dan Batubara, sekira jam 11.30 Wib Tim menuju ke TKP Pertama dan menemukan giat tambang jenis tanah timbun tanpa IUP dengan menggunakan alat berat Merk Hitachi warna orange dilokasi yg sedang bekerja.
Selanjutnya sekira jam 12.20 Wib Tim menuju ke lokasi kedua dan menemukan giat tambang jenis tanah timbun tanpa IUP dengan menggunakan alat berat Merk Cat warna kuning, selanjutnya sekira jam 12.35 wib,

“Tim menuju ke lokasi ketiga dan menemukan giat tambang jenis tanah timbun tanpa IUP dengan menggunakan alat berat Merk Hitachi warna orange yang sedang bekerja, ketiga alat berat tersebut selesai di evakuasi dari lokasi sekira Pkl. 02.15 wib dikarenakan pada saat dievakuasi 2 alat berat Merk Hitachi milik sdr. Herman dan milik sdr. Jalaluddin merk CAT mengalami kerusakkan.
Adapun Barang bukti yang diamankan oleh Jajaran Polda Aceh, yaitu alat berat dan pelaku diamankan yang dibawa ke Mapolda Aceh guna pemeriksaan lebih lanjut.

Pewarta : T,Indra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *