Rakernas Pertama KMDT di Gelar Dihotel Labersa Balige

  • Whatsapp
Ketua KMDT Kabupaten Toba Effendi SP Napitupulu

MITRAPOL.com, Toba – Rakernas pertama Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) yang diselenggarakan di hotel labersa balige dibuka ditandai dengan pemukulan gondang sambilan oleh Ketua Umum KMDT Edison Manurung didampingi Ketua DPRD Sumut Baskami ginting, Ketua KMDT Toba Effendi SP napitupulu, penasehat KMDT HW Hutahaen dan beberapa tokoh KMDT lainnya, Jumat (09/04/2021).

Dalam sambutanya, Ketua Umum KMDT Edison Manurung menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung KMDT selama ini terlebih dalam pengembangan program KMDT sejak dibentuk pada tahun 2019 yang lalu.
Rakernas pertama ini lebih menekankan pada asfek pengorganisasian, rencana strategis dan keuangan serta pembahasan isu isu lokal dan nasioanal serta yang bersinggungan langsung dengan Danau Toba serta rekomendasi menutup keramba yg mencemari danau toba yang akan kita sampaikan kepada bapak presiden jokowidodo ujar edison manurung.

Dalam rakernas tersebut juga akan dilakukan penyerahan KUR hasil kerjasama dengan Bank BRI dan BNI kepada 20 pengusaha UMKM se kawasan Danau Toba serta penyerahan bea siswa kepada 100 mahasiswa dari Universitas Terbuka (UT) kerjasama KMDT dengan Rektor UT.

Pemukulan gondang sambilan oleh ketua umum KMDT Edison Manurung pertanda dimulainya rakernas pertama KMDT

Sementara itu, Ketua KMDT Kabupaten Toba, Effendi P.Napitupulu dalam sambutanya mengungkapkan, adapun dibentuknya KMDT ini adalah untuk memajukan pariwisata dikawasan danau toba dengan mendorong terciptanya SDM SDM yang unggul guna mensejahterakan masyarakat melalui komunitas ini.

“Melalui rakernas ini mari kita wujudkan eksitensi organisasi agar dapat bersinergi dengan program nasional kawasan strategis danau toba. Saya juga menghimbau dan mengajak agar kita semua peserta rakernas ini agar menjadi pelopor pelaksana protokol kesehatan” ujar effendi.

Rakernas KMDT pertama tersebut juga dilakukan secara virtual zoom yang diikuti oleh Menteri Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, l Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki, Mentri pertanian Syahrul yasin limpo, Menteri Parekraf RI, Sandiaga Uno, Menteri Perindustrian RI, Dr.Agus Gurmiwang Kartasasmita,Ketua MPR RI, H.Bambang Soesatyo, Gubernur Sumut,Edy Rahmayadi, Direktur BPODT, Jimmy Bernardo Panjaitan dan Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak.

Secara virtual Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki mengucapkan selamat atas pelaksanaan Rakernas KMDT pertama tersebut. “Rakernas pertama KMDT ini semoga bermanfaat serta mampu menghasilkan keputusan terbaik untuk pengembangan UMKM dan pariwisata Danau Toba hingga terkenal ke seluruh dunia,” ujar Teten Masduki dalam penyampaianya.

 

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *