Hebat ! Pekon Trimulyo raih penghargaan Desa BRILian Tahun 2021 Tingkat Nasional

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Kegiatan inkubasi kawasan Pedesaan yang berlangsung sejak bulan Januari 2021 dan berakhir Pada Maret 2021, Program Desa BRILian Tahun 2021 dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah resmi ditutup.

Dari 2067 Desa Se-Indonesia yang mengikuti seleksi tahun 2021, Pekon (Desa) Trimulyo, yang berada di Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat yang juga menjadi satu-satunya peserta dari Lampung Barat, mengikuti seleksi Program Desa BRILian Tahun 2021 sebagai Peraih penerima Penghargaan Peringkat ke-4 Tingkat Nasional.

Buchori SP., Selaku Peratin (Kepala Desa) Pekon Trimulyo Mengatakan, Penilaian dilakukan menggunakan pemeriksaan berkas yang dikirim dan dokumen, termasuk foto dan video serta presentasi Peratin terkait Desa BRILian dan apa yang sudah dilakukan oleh Desa.

“Alhamdulilah Atas Penghargaan ini, Saya mengucapkan terimakasih kepada segenap Perangkat Pekon Trimulyo, Masyarakat Trimuly, Pengurus BUMPekon TEKAD Trimulyo, TA PD Pemerintah Kecamatan, PMD Kabupaten Lampung Barat dan Rekan-rekan sahabat yang membantu proses kegiatan ini yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, yang telah bekerja di belakang layar demi keberhasilan seleksi ini,” Ungkap Peratin Kepada Mitrapol Pada Senin, (12/04/2021).

Menurutnya, Program Desa BRILian merupakan salah satu bukti komitmen BRI sebagai salah satu bank BUMN terbesar untuk terus mengembangkan kawasan pedesaan, dan mendorong warga serta pengurus desa agar selalu berinovasi demi peningkatan kesejahteraan. Serta menilai kecakapan desa-desa terpilih atas upayanya untuk tetap maju dan berinovasi selama pandemic Covid-19.

Disamping itu, Sebuah desa bisa disebut sebagai Desa BRILian jika memenuhi empat kriteria yakni memiliki BUMDes dan kaya akan inovasi untuk memecahkan masalah sosial. Selain itu, desa itu mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan (sustainability) serta telah menerapkan digitalisasi dalam kesehariannya.

” Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih juga kepada BRI yang telah memberikan kesempatan ini kepada kami. Kesempatan berharga ini kami telah usahakan untuk tidak kami sia siakan. Semoga keberhasilan ini menjadi cambuk dan penyemangat kerja kami dan kawan-kawan di Pekon, salah satunya Pekon Trimulyo demi, Trimulyo lebih baik ke depan” Tutupnya.

Daftar 10 Besar Desa, Pemenang Desa BRILian Tahun 2021 :

1. Desa Sukalaksana, kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Bara

2. Desa Pasir Baru, kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

3. Desa Cepogo, kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

4. Pekon (Desa) Trimulyo, kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

5. Desa Bukit Gajah, kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

6. Desa Ponggok, kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

7. Desa Serdang Wetan,kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

8. Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

9. Desa Salamrejo, kecamatan Sentolo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dan terakhir, 10. Desa Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

 

 

Pewarta : Deni Andestia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *