Sosialisasi Hasil-hasil Perundingan Perdagangan Internasional, Khususnya ASEAN Framework Agreement on Service (AFAS Paket ke 10) dan ASEAN Trade in Service (ATISA)

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bekasi – Berlangsung sosialisasi hasil-hasil perundingan perdagangan Internasional, khususnya ASEAN Framework Agreement on Service (AFAS Paket ke 10) dan ASEAN Trade in Service (ATISA) di Hotel Holiday Inn Cikarang Jababeka dibuka sekaligus sebagai keynote speech oleh Wakil Menteri Perdagangan Bpk. Jerry Sambuaga. Disampaikan dalam sambutannya terdapat 11 perjanjian dagang yang telah disepakati dan 21 perjanjian dagang yang sedang dilakukan eksplorasi sebagian besar adalah pasar tradisional ini semua dalam rangka menjalankan arahan Presiden RI, untuk menekankan bukan saja pada produk melainkan juga jasa dalam era digitalisasi.

Hadir Komisi VI DPRI RI Bpk. H. Daeng Muhammad dan Ibu Dia Pitaloka yang dalam sambutannya menitipkan pesan kepada Wakil Menteri Perdagangan RI mengenai penguatan system jaminan sosial dan jadikan Bekasi sebagai Pilot Project dibidang pendidikan dan perdagangan karena hampir semua sektor industri ada disini. Dalam kegiatan ini dilakukan penyerahan sertifikat penghargaan kepada Bpk. Yoshihiro Makino dari PT. Yushen Logistics Indonesia oleh Wakil Menteri Perdagangan RI.

Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada Bpk. Yoshihiro Makino dari PT. Yushen Logistics Indonesia oleh Wamen Perdagangan RI

Dalam sela kegiatan disampaikan oleh Bpk. H. Daeng Muhammad bahwa Kementeriaan Perdagangan sebagai salah satu pilar utama penggerak pertumbuhan perdagangan jasa di Indonesia harus dapat melihat peluang dan aktif melakukan perluasan akses pasar jasa yang menguntungkan bagi Indonesia. Salah satu kawasan yang memiliki potensi perluasan akses pasar jasa bagi Indonesia adalah Asia Tenggara.

Melalui keikutsertaan Indonesia secara aktif di ASEAN Bpk. H. Daeng Muhammad mengucapkan selamat kepada Pemerintah atas ditandatanganinya diantaranya 2 (dua) persetujuan utama perdagangan jasa ASEAN, yaitu The Tent Package of ASEAN Framework Agreement on Service (AFAS Paket ke 10) pada tanggal 11 November 2018 di Singapura sebagai paket terakhir komitmen sektor jasa dalam kerangka perjanjian perdagangan jasa di ASEAN, dan ASEAN Trade in Service Agreement (ATISA) sebagai dokumen perjanjian perdagangan yang komprehensif yang telah ditandatangani oleh seluruh negara ASEAN pada tanggal 07 Oktober 2020 di Manila, Fhilipina.

Wamen Perdagangan RI bersama Anggota Komisi VI DPR RI

Untuk mempercepat implementasi persetujuan tersebut, Komisi VI DPR RI bersama Menteri Perdagangan RI telah melakukan rapat kerja pada tanggal 2 Februari 2021 lalu dan memutuskan agar AFAS Paket ke 10 dapat segera disahkan melalui Peraturan Presiden. Sedangkan untuk ATISA, Komisi VI DPR RI bersama Menteri Perdagangan akan segera melakukan rapat kerja kembali terkait pengesahan ATISA.

 

 

Pewarta : M. Hardiansyah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *