Ngabuburit di Bantaran Sungai Citarum Wilayah Sektor 7 Satgas Citarum

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kab. Bandung – Ngabuburit atau mengabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman. Selain itu, kegiatan ngabuburit juga dapat berupa kegiatan keagamaan seperti mendengarkan ceramah ataupun mengaji. Intinya Ngabuburit adalah salah satu tradisi yang identik dengan bulan Ramadhan.

Bantaran Sungai Citarum yang berada di Wilayah Sektor 7 adalah lahan kosong yang tidak dibiarkan begitu saja oleh anggota Sektor 7 dan warga masyarakat setempat. Sebagian besar telah ditanami sayur-sayuran, palawija, apotik hidup, hidroponik dan budi daya macam-macam ikan.

Disamping ditanami tanaman dan budi daya ikan juga terdapat taman-taman/saung-saung yang dibangun di masing-masing Sub Sektor, seperti Taman Ceria di Sub Sektor Dayeukolot, Taman Evergreen di Sub Sektor Pasawahan, Taman Love di Sub Sektor Cangkuang Wetan, Taman Barokah di Sub Sektor Andir, Taman Cicing Kreatif di Sub Sektor Bojongmalaka, Taman Sangkuriang di Sub Sektor Rancamanyar, Taman Wisata Air di Sub Sektor Sukamukti dan Taman Edukasi di Sub Sektor Sangkanhurip, Rabu (14/4/2021).

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, “di awal bulan puasa tahun 1442 H ini Taman-taman atau Saung-saung yang berada di wilayah Sektor 7 ramai sekali dikunjungi oleh warga masyarakat lokal. Mereka memanfaatkan waktu melakukan kegiatan ngabuburit untuk berjalan-jalan, bermain bersama keluarga sambil menunggu waktu adzan magrib “.

“Tak ketinggalan pula anggota Sektor 7 yang berada di Sub Sektor Rancamanyar melaksanakan ngabuburit pada awal puasa ini di Bantaran Sungai Citarum Taman Sangkuriang,” ujarnya.

Pewarta : Darto/Pendam III/Siliwangi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *