Menang di Praperadilan Kejati Sulut Lawan Eks Bupati Minut Tersangka Korupsi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sulut – Mantan Bupati Minahasa Utara (Minut), Vonnie Anneke Panambunan (VAP) mengajukan gugatan praperadilan dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi proyek pemecah ombak. Tim Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara (Kejati Sulut) menang atas gugatan tersebut.

“Senin tanggal 19 April 2021 Tim Jaksa pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara menang atas gugatan praperadilan yang diajukan oleh Vonnie Anneke Panambunan dalam Sidang Perkara Praperadilan Nomor : 6/Pid.Pra/2021/PN.Mnd, tanggal 30 Maret 2021, dengan pemohon Vonnie Anneke Panambunan yang diwakili oleh Kuasa Hukum Moh. Ridwan, S.H., dkk, melawan termohon Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Tim Pra Peradilan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara sesuai dengan Surat Perintah Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Nomor : Print – 367/P.1/Fd.1/04/2021 tanggal 08 April 2021 dan Surat Kuasa Khusus Substitusi Nomor: SK – 486/P.1/Fd.1/04/2021 tanggal 01 April 2021,” kata Kepala Kejati Sulut A.Dita Prawitaningsih

Pernyataan tersebut disampaikan melalui Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulut Theodorus Rumampuk ketika dimintai konfirmasi detikcom, Senin (19/4/2021). Theodorus menerangkan sidang praperadilan sudah berjalan sebanyak lima kali.

“Sidang perkara praperadilan ini sudah melalui lima kali persidangan yakni pada tanggal 12 April sampai dengan 16 April 2021, dan pada hari Senin, tanggal 19 April 2021,” tukasnya.

Theodorus mengatakan, Tim Jaksa Kejati Sulut menang atas gugatan praperadilan yang diajukan oleh Vonnie Anneke Panambunan.

“Telah dibacakan putusan oleh Hakim Praperadilan dengan amar putusan. Menolak permohonan pra peradilan untuk seluruhnya dan membebankan biaya perkara adalah nihil,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kejati Sulut telah menetapkan eks Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan tersangka dalam kasus korupsi proyek pemecah ombak. Vonnie Anneke Panambunan kemudian mengembalikan uang senilai Rp 4,2 miliar. Jumlah total kerugian keuangan negara sebesar Rp 6.745.468.182,00.

Pewarta : Chandra/Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *