Ada 6 Lokasi Air Terjun di Desa Sisobaoho Menyentuh Perhatian Pemerintah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nias Barat – Desa Sisobaoho, Kecamatan Mandrehe Barat. Kabupaten Nias Barat memilki luas wilayah 350 Ha. Berpenduduk 584 jiwa. Bebatas dengan sebelah Timur desa Gunung Cahaya Kecamatan Sirombu, Sebelah Barat berbatas dengan Desa Onolimbu Raya Kecamatan Mandrehe Barat. Sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Desa Orahili Kecamatan Sirombu dan sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sisobambowo Kecamatan Mandrehe.

Manase Gulo. SPd selaku Pj Kepala Desa Sisobaoho dalam paparannya kepada wartawan Mitrapol Nias Barat, Bahwa penduduk Desa Sisobaoho 95% berprofesi sebagai petani. Selanjutnya Desa Sisobaoho telah memiliki aset pemerintah yaitu, “untuk sektor Pendidikan ada 1 (satu) gedung Sekolah Dasar. Sektor kesehatan yaitu ada 1(satu) gudung Poskesdes. dan ada 1(satu) Kantor Desa.” Ujar Manase

Manase Gulo menambahkan, di wilayah Desa Sisobaoho belum ada jaringan internet dan jaringan lampu PLN. Bahkan untuk menjangkau ke 4 (empat) Desa berbatas harus di tempuh dengan jalan kaki. Artinya bahwa sarana prasarana di Desa Sisobaoho masih belum memadai, dan Desa Sisobaoho juga memiliki dua tempat beribadah bagi umat kristiani yaitu gereja ONKP dan GBI.” ungkapnya

Kehadiran Manase Gulo selaku Pj Kepala Desa Sisobaoho, masyarakat sangat menyambut gembira. Karena dianggap bahwa sosok dan SDM yang di miliki oleh Manase Gulo. SPd mampu melakukan gerakan perubahan di semua sektor pembangunan, bahkan mampu memotivasi masyarakat kearah peningkatan perkonomian yang lebih baik, dan Juga tidak di khawatirkan tentang kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah Daerah Kabupaten karena Manase Gulo. SPd juga sebagai mantan kepala Sekolah.

Hari Jumat tanggal 9 April 2021 yang lalu adalah suatu sejarah yang sangat berarti dan bermakna bagi meletakkan dasar pemerintah mulai memperhatikan pembangunan di Desa Sisobaoho dengan melakukan Launcing Desa wisata air terjun Lawu-lawu di Desa Sisobaoho.

Argumen ini adalah suatu tindakan nyata pemerintah sangat peduli pada desa terisolir yang notabenenya sangat membutuhkan kepedulian pemerintah membangun desa. Apalagi baru-baru ini telah secara resmi melauncing air terjun di Desa Sisobaoho.

Padahal di Desa Sisobaoho sebenarnya adalah lokasi wisata yang butuh perhatian yang ekstra dari pemerintah, karena disamping ada 6 lokasi air terjun yaitu Lawu-lawu Leweswri, Bahombalugu, Sirawa-towi, Siladari, Helelakha, dan Baluse-ulu hele. Juga ada satu Gua yang juga bisa menyumbangkan sebagai tempat nyaman, sejuk dan indah.

“Mari kita lestarikan tempat-tempat strategis wisata sebagai anugerah dari yang maha kuasa. Dan semoga bisa menjadi tempat rekreasi keluarga dan peningkatan perekonomian masyarakat. Soguna bazato.” Imbuhnya Manase mengakhiri

Pewarta : Yasgulo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *