DPMK Mimika gelar sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan pelatihan Siskeudes tahun 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menggelar Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Pelatihan Siskeudes Tahun 2021.

Kegiatan bertempat di Ball Room Hotel Horison Ultima, Jalan Hasanuddin Timika, pada Senin, (26/4/21).

Sosialisasi dan pelatihan sistem Keuangan Desa dibuka oleh Yulianus Sasarari sebagai Asisten I Pemkab Mimika Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dihadiri tim fasilitator Siskeudes Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Papua, serta Kajari Mimika yang diwakili oleh Kasie Intel.

Kepala Seksie Intel Kajari Timika, Eko Winarno dalam sambutannya berharap agar Perangkat Kampung yang dipercayai dalam mengelola keuangan desa agar serius dan memedomani materi pelatihan Siskeudes yang berlangsung.

“Saya harap, sosialisasi dan pelatihan Siskeudes ini dipedomani secara baik untuk pengelolaan keuangan desa. Jika dalam pelaksanaan nantinya sudah sesuai juknis yang ada, maka tidak ada masalah kedepannya,” kata Eko.

Menurutnya, pihaknya hanya menunggu pengelola keuangan desa yang nekat melanggar hukum pidana.

“Kami harap tidak ada masalah yang berkaitan dengan pidana nantinya. Kerjakan semuanya berjalan sesuai rel dan juknis yang sudah ditentukan, pasti aman,” terangnya.

Sementara itu, Harry Wijayanto selaku Fasilitator Siskeudes Perwakilan BPKP Provinsi Papua kepada MITRAPOL mengatakan, pelatihan sistem keuangan desa (Siskeudes) fersi 2.03 oleh pihaknya bertujuan untuk membantu pengelolaan desa yang lebih transparan dan lebih baik.

“Aplikasi Siskeudes fersi 2.03 ini manfaatnya sangat membantu aparatur kampung. Dimana mulai dari perencanaan, penganggaran panatausahaan sudah terinput. Untuk pelaporannya tinggal diklik menu secara otomatis langsung jadi,” kata Harry

Menurutnya, pelaksanaan penggunaan Siskeudes ini, BPKP bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sedangkan untuk pengawasan keuangan desa nantinya menggunakan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) dan akan bekerjasama dengan pihak terkait di daerah yakni Inspektorat.

Untuk kegiatan Sosialisasi pengelolaan keuangan desa dan pelatihan Siskeudes yang diselenggarakan oleh DPMK itu berlangsung selama 2 hari yakni Senin dan Selasa (27/4/21). Peserta yang dilibatkan yakni perwakilan bidang keuangan dari seluruh Kampung/Desa yang ada Mimika yakni berjumlah 133 Kampung.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *