ROV Singapura Temukan Torpedo KRI Nanggala-402

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – TNI AL terus melakukan evakuasi KRI Nanggala-402 yang tenggelam di perairan utara Bali. Penemuan terbaru adalah torpedo kapal selam KRI Nanggala.

“Update yang terbaru kita sudah menemukan, mengangkat pakai ROV itu hydrophone KRI Nanggala, dan beberapa foto yang diambil, ditemukan torpedonya juga,” ucap Asrena KSAL Laksamana Muda TNI, Muhammad Ali, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (27/4/2021).

Ali mengatakan sampai saat ini proses evakuasi masih berlanjut dengan bantuan Swift Rescue dari Singapura untuk proses pengangkatan. Beberapa bagian kecil kapal selam juga telah dievakuasi. Ali menyebut ROV hanya mampu mengangkat beban seberat 150 kg. Torpedo juga belum diangkat.

“Itu nanti akan di-updete terus dan sebisa mungkin kita akan angkat bagian-bagian kecil karena kemampuan ROV itu 150 kg. Tapi nanti kita koordinasikan lagi,” kata dia.

Diketahui, kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan 53 awak di dalamnya dinyatakan gugur. KRI Nangala-402 kini dalam patroli abadi.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAL Laksamana Yudo Margono sudah mengumumkan penemuan sejumlah kepingan komponen bagian dalam KRI Nanggala-402. Kapal selam itu diduga mengalami keretakan.

“Ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang di lokasi terakhir kapal selam tersebut terlihat saat menyelam, yang diyakini merupakan bagian atau komponen yang melekat di dalam kapal selam dan ini tidak akan terangkat ke luar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan,” ujar Yudo dalam konferensi pers di Bali.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *