Selama Periode Larangan Mudik, DKI Hanya Buka 2 Terminal AKAP

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta memutuskan membuka dua terminal angkutan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) selama larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021. Dua terminal tersebut adalah Terminal Pulogebang di Jakarta Timur dan Terminal Kalideres di Jakarta Barat.

“Iya, yang dibuka hanya terminal Pulogebang dan Kalideres,” kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (27/4/2021).

Syafrin menambahkan dua terminal AKAP lainnya, yaitu Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kampung Rambutan, akan ditutup. Dia menyebut keputusan ini ditetapkan setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

“Jadi dari hasil koordinasi terakhir dengan Kementerian Perhubungan bahwa pergerakan untuk ke wilayah barat itu juga perlu difasilitasi sehingga letak terminal yang ideal ada di Kalideres. Kemudian di sisi timur Jakarta ada di Pulogebang,” jelasnya.

Syafrin juga memastikan kedua terminal bus ini akan memberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM) selama periode larangan mudik.

“Surat itu yang diperlukan misalnya pada saat kami membuka dua terminal, Terminal Pulogebang dan Terminal Kalideres. Begitu yang bersangkutan akan berangkat naik bus, salah satu yang diminta adalah surat dari kelurahan. Tentu kami sudah menerapkan prinsip teknologi di sini di mana permohonan itu bisa melalui Jakevo nanti,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM) kendaraan selama periode larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Tak hanya itu, Pemprov DKI juga memperketat penjagaan hingga menyiapkan titik-titik penyekatan.

Kendati demikian, Pemprov DKI Jakarta tidak memberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM) kendaraan selama dua periode pengetatan syarat perjalanan, yaitu 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut hal ini diputuskan demi menyesuaikan dengan isi adendum Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021.

Kemudian, untuk mudik lokal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) tidak perlu surat izin keluar-masuk (SIKM) sebagai syarat perjalanan saat mudik Lebaran. Sebab, wilayah ini merupakan satu kesatuan.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *