Muklis : Berikut Tips Cara Menjalankan Puasa Ramadhan saat Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Bulan suci Ramadhan telah tiba. Namun, ditengah pandemi virus corona saat ini tentu saja bulan puasa tahun ini tidak akan sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai imbauan dan larangan terkait penularan virus corona tentu saja membuat beberapa momen-momen yang sudah dinanti-nantikan di setiap bulan puasa mungkin saja terpaksa untuk tidak dilakukan.

Jadi, apa saja yang akan dirindukan dibulan puasa tahun ini karena virus corona?

1. Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Biasanya setelah selesai sahur, banyak orang akan lebih memilih untuk ikut shalat subuh berjamaah sekaligus mengaji berjamaah di masjid. Tapi karena himbauan pemerintah untuk sementara tidak melakukan ibada salat berjamaah di masjid dengan melakukan physical distancing. atau jaga jarak agar bisa melakukan Shalat subuh berjamaah bersama dengan keluarga dan tetangga selama bulan ramadhan terancam harus di skip.

2. Ngabuburit sambil Mencari Takjil

Keliling pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa untuk berburu takjil merupakan salah satu momen paling ditunggu-tunggu ketika bulan puasa. Akan tetapi, karena bisa menimbulkan keramaian ada kemungkinan dan imbauan tidak keluar rumah. Ada kemungkinan, pedagang takjil musiman harus libur berdagang pada bulan puasa tahun ini.

3. Buka Puasa Bersama

Saat-saat yang paling ditunggu ketika bulan ramadhan tiba adalah acara buka puasa bersama. Momen ini biasa dijadikan saat yang tepat untuk menjalin silahturahmi kembali dengan saudara jauh, reunian dengan teman-teman lama jaman sekolah atau hang out makan bersama dengan teman kantor.

Namun, sayangnya selama musim covid-19 agenda buka puasa bersama terpaksa harus dibatalkan. Mengingat imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah dan mengadakan acara berkumpul yang diisi oleh banyak orang.

4. Shalat Tarawih Berjamaah di Masjid

Ibadah salat tarawih adalah ibadah shalat sunnah yang hanya bisa dilakukan ketika bulan ramadhan saja. Tentu saja bisa melaksanakan ibadah salat tarawih secara berjamaah di masjid merupakan salah satu hal yang paling dinantikan ketika bulan ramadhan tiba.

Tapi sepertinya, dengan adanya imbauan bahkan larangan untuk berkumpul di berbagai tempat umum termasuk tempat ibadah untuk menekan penularan virus. Shalat tarawih berjamaah di masjid pun kemungkinan besar akan di beri jarak sesuai Protokol Kesehatan.

5. Sahur On The Road

Biasanya banyak komunitas dan organisasi mengadakan acara sahur on the road untuk membagikan makanan sahur ke orang-orang yang tidak mampu. Tentu saja dengan adanya imbauan jangan keluar rumah dan mengingat sahur on the road bisa memancing keramaian. Acara seru setiap ramadhan satu ini kemungkinan juga akan hilang selama bulan ramadhan tahun ini.

6. Mudik ke Kampung Halaman

Pemerintah juga mengimbau warga untuk tidak pergi mudik lebaran tahun ini untuk menekan penyebaran penularan virus corona. Biasanya menjelang lebaran, orang-orang akan beramai-ramai memenuhi terminal bus, kereta, bandara dan jalanan untuk pergi kekampung halaman, merayakan lebaran dengan keluarga.

Cara Beribadah Puasa Tetap Lancar Walaupun Dirumah Saja

Walaupun banyak momen yang ditunggu-tunggu setiap bulan ramadhan tiba terpaksa harus dilewatkan untuk tahun ini karena virus corona. Berikut beberapa tips seru menjalankan ibadah puasa dirumah biar ibadah puasa tahun ini tetap nikmat dijalankan walaupun hanya dirumah saja:

1. Mewajibkan Kegiatan Tadarusan Bersama setelah Shalat Subuh di Rumah

Mumpung lagi ramadhan, coba ajak keluarga untuk mengaji bersama setidaknya selama 30 menit setiap selesai shalat subuh. Mungkin saja kebiasaan ini bisa berlanjut sampai seterusnya tidak hanya saat bulan ramadhan saja.

Kegiatan mengaji bersama keluarga setiap selesai shalat subuh ini bisa menjaga keharmonisa keluarga loh dan tentunya menambah pahala ibadah kamu dan keluarga.

2. Buka Puasa Bersamanya Via Video Call Saja

Selama ada internet, jarak tidak jadi masalah. Kamu yang kangen untuk buka puasa bersama dengan teman-temanmu. Kamu bisa mengajak atau berinisiatif mengadakan acara buka puasa bersama via online dengan melakukan video call.

Sekarang banyak aplikasi video call online yang bisa memuat lebih dari 10 orang seperti zoom dan google hangout yang bisa membuat kamu tetap merasakan nikmatnya buka puasa bersama dengan teman-teman.

3. Tidak Bisa Ikut Kajian ke Masjid, Streaming dari Youtube Saja

Sekarang ikut kajian bisa dilakukan secara online juga. Kamu cukup mencari saja video-video ceramah di Youtube. Bahkan kamu bisa mencari video cerama uztad favorit mu juga. Jadi jangan khawatir ibadah mengaji jadi terhambat karena dirumah saja selama corona.

4. Semakin Produktif dengan Mecari Hobi Lain atau Kerja Sampingan

Godaan itu ada dimana-mana, baik itu selama kamu bekerja di kantor atau dirumah. Godaan membatalkan puasa pasti tetap akan menghantui dimana saja kamu berada. Apalagi untuk kamu yang bekerja dari rumah dan bisa memiliki waktu luang lebih banyak, godaan membatalkan puasa bisa semakin menjadi-jadi.

Untuk itu, agar bisa menolak godaan tersebut coba cari kegiatan tambahan selain mengerjakan kerjaan kantor untuk mengalihkan diri dari rasa haus dan lapar. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang lebih selama kerja dirumah dengan mencari hobi baru seperti memasak biar bisa bikin takjil sendiri atau mencari kerja sampingan baru seperti menjadi freelancer.

Ingat puasa tidak jadi alasan untuk tidak produktif, tapi jangan berlebihan yah.

5. Tadarusan Al-Qur’an Bersama Teman-Teman secara Online

Sama seperti ketika berbuka puasa bersama secara online. Kamu juga bisa mengadakan pengajian secara online dengan metode yang sama, yaitu dengan cara mengadakan video conference/video call dengan aplikasi video call yang biasa digunakan.

Tapi, sebelum memulai tadarusan online bersama jangan lupa yah periksa koneksi internet kamu apakah sudah stabil agar kegiatan ibadah tadarusan tidak terganggu.

Puasa saat Pandemi Corona, Risiko Tertular Semakin Tinggi?

Sangat wajar jika kamu khawatir menjalankan ibadah puasa ketika pandemi corona karena takut menurunnya imunitas. Tapi tidak perlu takut, risiko tertular virus corona tidak akan semakin tinggi.

Dikutip dari tagar.id, menurut Dokter Spesialisasi Gizi, Samuel Oetoro mengatakan bahwa seseorang tidak akan menjadi rentan terpapar Covid-19 jika menjalankan ibadah puasa Ramadan, selama menjalani tahapan-tahapan yang diharuskan dengan benar.

Asalkan rajin mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang ketika sahur. Menu sahur harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah juga tidak terlambat makan. Maka kesehatan tubuh tetap dapat terjaga walaupun sedang menjalankan ibadah puasa ketika pandemi coronavirus.

Samuel juga menyarankan untuk perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang membuat sistem imun tubuh menjadi lebih kuat.

Tetap Laksanakan Ibadahnya dengan Ikhlas dan Ambil Hikmahnya, Terlepas dari ada dan tidaknya pandemi virus corona saat ini. Menjalankan ibadah puasa harus benar-benar dengan niat ibadah, bukan terpaksa atau ikut-ikutan. Meskipun banyak hal yang disayangkan karena tidak bisa dilakukan pada bulan puasa tahun ini bukan berarti hal tersebut mengurangi niat ibadah puasa kamu.

Jadi, tetap laksanakan ibadah puasa dan rangkaian ibadah lainnya selama bulan puasa seperti biasanya tapi dengan tetap dirumah saja, mudahkan?

Selain itu, karena sedang mengalami pandemi virus corona selama berpuasa nanti usahakan untuk tidak terlalu kelelahan dan mengonsumsi makanan sehat ketika sahur dan buka puasa untuk menjaga daya tahan tubuh.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *