Walikota Metro ikuti Rakor pelaksanaan PPKM bersama Gubernur Lampung

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Walikota Metro, Wahdi mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan PPKM dalam penanganan Covid-19. Rapat yang dipimpin langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama dengan Fokorpimda dan Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, dan berlangsubg di Ruang Rapat Utama Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Senin (26/4/2021).

Diketahui, bahwa PPKM Mikro telah diperluas ke 5 Provinsi, yakni Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Kalimantan Barat. Total di tahap VI ini, PPKM Mikro diberlakukan di 25 Provinsi berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 09 Tahun 2021.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal meminta Bupati/Walikota hingga tingkat Camat, Lurah, bahwa untuk di tiap wilayah di Lampung, agar memperketat protokol kesehatan hingga tingkat pedesaan, terlebih untuk mengantisipasi adanya pemudik yang berasal dari luar Lampung.

Menurutnya, letak Provinsi Lampung sangat strategis dan merupakan gerbang pulau Sumatera, terlebih mudik sudah menjadi tradisi masyarakat. Meski demikian, Arinal mengingatkan agar masyarakat menunda mudik di tahun ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona tersebut. Hal itu mengacu pada surat edaran pemerintah pusat terkait larangan mudik.

Lebih lanjut, mengenai pelaksanaan sholat Idul Fitri, Arinal meminta kepada masyarakat untuk melaksanakan Salat Idul Fitri di rumah masing-masing, hal tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama. Menurutnya, pertimbangan ini memperhatikan adanya kecenderungan peningkatan pandemi Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Sehingga diperlukan upaya tegas dan konsisten dalam pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Termasuk dalam pembatasan kegiatan ibadah berjemaah di rumah ibadah dan di tanah lapang.

“Pelaksanaan sholat Idul Fitri ini sifatnya sunah, akan tetapi demi menjaga kesehatan dan keselamatan itu wajib, karena untuk kondisi saat ini masih belum bisa didefinisikan aman. Untuk itu, harus ada pengaturan guna menghindari terjadinya penyebaran Covid-19,” tutup Gubernur Lampung.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *