Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Pelatihan Siskeudes tahun 2021 di Mimika resmi ditutup

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Mimika resmi ditutup pada Sabtu, (1/5/21).

Kegiatan berlangsung selama enam hari terhitung sejak Senin (26/4/21) bertempat di Ball Room Hotel Horison Ultima, Jalan Hasanuddin, Mimika, Papua.

Selama enam hari itu, para Perangkat Kampung/Desa dalam hal ini Kepala Kampung dan Bidang Keuangan dari 133 Kampung di Kabupaten Mimika dilatih oleh tim fasilitator Siskeudes Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Papua.

Selain itu narasumber lain yang dihadirkan yakni tim dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) perwakilan Provinsi Papua.

Kegiatan ditutup oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ramli Eru.

Ramli Eru dalam sambutannya berharap agar para peserta yang didominasi perangkat kampung di bidang keuangan itu dapat memetik hasil sosialisasi dan pelatihan untuk selanjutnya diterapkan agar dapat memajukan Kampung/Desa masing-masing.

“Saya mengingatkan agar (perangkat desa-red) setelah mengikuti kegiatan ini dapat menggunakan Aplikasi secara profesional untuk mengelola keuangan desa dengan baik dan benar. Sehingga DD dan ADD tercapai kesejahteraan masyarakat desa nantinya,” kata Ramli.

Hal ini ditegaskan mengingat Dana Desa yang dikucurkan untuk dikelola sangatlah besar dan menjadi sorotan utama oleh pihak pemeriksa keuangan dalam hal ini badan pemeriksa keuangan BPK.

“Jangan sampai dalam pengelolaanya tidak baik sehingga justru menghancurkan masyarakat di kampung itu sendiri,” ujarnya.

Usai kegiatan ditutup, Harry Wijayanto selaku tim Fasilitator Siskeudes Perwakilan BPKP Provinsi Papua kepada MITRAPOL mengatakan, pihaknya bersosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa dan memberikan pelatihan tentang penggunaan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) terbaru yakni fersi 2.03

“Aplikasi Siskeudes fersi 2.03 ini manfaatnya sangat membantu aparatur kampung. Dimana mulai dari perencanaan, penganggaran, panatausahaan sudah terinput. Untuk pelapornya tinggal diklik menu secara otomatis langsung jadi,” ujarnya.

Ia berharap agar para peserta dapat memahami dan langsung menerapkan di wilayahnya masing-masing untuk kesuksesan pembangunan desa.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *