Sesuai LKPJ Bupati TA 2020, Program SKPD Masih Belum Maksimal Perlu Peningkatan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Selasa 4/5/2020, Ketua DPRD Nunukan Hj. Leppa sejumlah kegiatan SKPD atau Dinas-dinas perlu Peningkatan Sehingga Program. Pemerintah daerah 5 tahun dapat tercapai dan dirasakan masyarakat Nunukan.

Ketua DPRD Nunukan mengatakan bahwa diakhir masa jabatan Bupati Nunukan, Haji Asmin Laura Hafid, SE,MM dan Wakil Bupati Ir. Faridil Murad, SE,MT melalui sidang paripurna yang terhormat ini kami juga perlu memberikan Apresiasi atas kinerja yang sudah ditunjukkan dalam membangun Kabupaten Nunukan selama 5 tahun kepemimpinannyatentu banyak tantangan dan rintangan yang berhasil dilaluinya.

Akhirnya tiba di penghujung periode Bupati Hj.Asmin Laura Kami dari DPRD berpandangan bahwa apa yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Nunukan sudah cukup berhasil dalam upaya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Nunukan.

DPRD Kabupaten Nunukan melalui panitia khusus setelah mencermati dokumen laporan keterangan pertanggungjawaban LKPJ Bupati Nunukan tahun anggaran 2020, serta setelah dilakukan pembahasan secara internal lewat rapat-rapat dan peninjauan secara langsung di kecamatan kecamatan ditambah masukan dari masyarakat.

Maka pada kesempatan ini disampaikan beberapa catatan strategis berupa Rekomendasi DPRD Kabupaten Nunukan kepada pemerintah daerah atas kinerja penyelenggaraan pemerintah Tahun Anggaran 2020 sebagai berikut:

Khususnya Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

DPRD Kabupaten Nunukan mengapresiasi kinerja peningkatan sarana dan prasarana umum yang telah dibangun melalui indikator kinerja Pembangunan seperti menciptakan jaringan Jalan dalam kondisi baik.

Membangun jalan menuju permukiman dan akses perekonomian serta penyediaan rumah tinggal senantiasa dan juga penyediaan irigasi dalam kondisi baik.

Akses penduduk mendapat air minum terhadap pelaksanaan kinerja yang telah ditunjukkan pada tahun 2020 terdapat beberapa catatan yang perlu mendapat perhatian pemerintah daerah Hal ini terjadi setelah DPRD melakukan peninjauan lapangan dan komunikasi dengan masyarakat terhadap hasil pekerjaan dan pekerjaan umum dan tata ruang

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Rekomandasi:

1. Bahwa perencanaan dan pengadaan harus dilakukan secara berkesinambungan dan tuntas sehingga tidak dijumpai pembangunan yang terbengkalai karena tidak tuntas.

Hal ini terjadi seperti pembangunan Kantor Camat Krayan Barat, Kantor Camat Krayan Timur, kantor Camat Krayan Tengah yang mana bangunan tersebut hingga saat ini tidak dapat difungsikan karena banyak kekurangan termasuk meubelair dan sarana prasarana penunjang lainnya.

Contoh lainnya adalah pembangunan rumah sakit Pratama pembangunan septic tank komunai dan individu dibeberapa Kecamatan yang ternyata pada beberapa tempat tidak dilengkapi jamban WC ataupun kloset. Tentu menjadi masalah sehingga tidak dapat difungsikan oleh masyarakat.

2. Terdapat kegiatan peningkatan jalan yang mana kualitasnya kurang baik utamanya di pulau sebatik utamanya dekat kantor camat Sebatik Timur pengaspalan belum setahun uda rusak dan akan mempercepat terjadinya kerusakan yang tentunya akan membutuhkan biaya perbaikan.

Pada hal umur ekonomis jalan tersebut bisa lebih panjang jika dibangun dengan kualitas yang baik.

3. DPRD juga memberikan catatan untuk beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan 100% namun realisasi pembayarannya masih di bawah 50% sangat diharapkan agar pemerintah daerah dapat segera menyelesaikan terkait penyelesaian pekerjaan tersebut.

4. Sangat diharapkan agar pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah dalam melakukan perencanaan pembangunan sebaiknya dilaksanakan secara komprehensif profesional berkelanjutan dan struktur serta dilakukan pengawasan secara ketat terhadap pelaksanaan pekerjaan.

Hal ini diharapkan agar pemeliharaan dan pembangunan sarana prasarana sesuai harapan serta berfungsi secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.

5. Memperhatikan banyaknya ruas jalan yang rusak terutama di kecamatan-kecamatan di luar pulau Nunukan.

Kami dari DPRD mengharapkan agar pemerintah daerah dapat menganggarkan biaya yang cukup besar untuk kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan.

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *