Dir Pelayanan Primer Kemenkes RI Kunjungi Puskesmas Tuba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, TUBA – Direktur Pelayanan Primer Kementrian Kesehatan RI mengunjungi Puskesmas Tulang Bawang 1 Kecamatan Banjaragung, Rabu 7-April- 2021.

Kegiatan ini dalam rangka Seminar awam program deteksi dini penyakit ginjal kronis.Kedatangan direktur pelayanan Primer Kementrian Kesehatan RI Drg. Syaras Wati MPH. bersama tim PT.Baxter di sambut langsung oleh Kepala Puskesmas Tuba 1 H. Arnan Jaya dan jajaran.Hadir juga Plt. direktur RSUD Menggala Tulang Bawang dr. Lukman Pura Sp. PD.KGH, perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Yeni ekawati, Kabid Pelayanan kesehatan Dinas Kesehatan Tulang Bawang Nyoman Jana, Babinsa, serta para peserta warga sekitar.

Kepala Puskesmas Tulang Bawang 1 Arnan Jaya dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada ibu direktur pelayanan primer kementrian kesehatan RI yang telah hadir di acara seminar awam deteksi dini penyakit ginjal kronis.

Dirinya juga mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mendukung program BMW, dengan selalu mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Selalu berinovasi dengan melibatkan semua pihak yaitu RSUD dan PT.Baxter.

Sedangkan direktur Pelayanan primer Kementrian Kesehatan RI drg. Syaras Wati mengatakan, bahwa Kegiatan ini dalam rangka untuk mengunjungi Paskes rujukan dan Paskes Primer Puskesmas dan melihat bagaimana deteksi dini penyakit penyakit yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Menurutnya ,bagi semua masyarakat jangan hanya berkunjung ke puskes kalau sakit saja, tetapi pas sehat untuk Dapat di periksakan tekanan darah, kadar gula darah,sehingga tidak sampai terjadi sakit yang parah.

Sementara Plt .Direkrur RSUD Menggala dr. Lukman pura yang juga pemateri menyampaikan, gejalaGinjal kronis ada tambahan penyakit lain, dan adanya penurunan fungsi ginjal yg sudah lanjut dan secara bertahap sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik dan butuh perawatan serta pengobatan.

Selain itu penyebabnya adalah darah tinggi, diabetes, infeksi peradangan pada ginjal, kelainan bawaan lahir dan keracunan obat obatan.Dirinya menghimbau kepada warga untuk jangan takut memeriksakan kesehatannya, bila ada gejala gejala karena rumah sakit sudah siap melayani dan untuk biaya sudah di bantu pemerintah dengan ada program BPJS dan program JKN warga bisa mendapatkannya.

 

Pewarta : D Santosa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *