Usai lebaran Idul Fitri 1442H, DMI Mimika mulai mendata dan menertibkan Masjid

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Mimika merencanakan untuk melakukan pendataan dan penertiban bangunan Masjid. Pendataan dan penertiban direncanakan usai Hari Raya Idul Fitri 1442H.

Ketua DMI Mimika, H. Abdul Muthalib Elwahan, S.Ag mengatakan, penertiban bertujuan untuk menghindari adanya bangunan Masjid atau Musholla yang didirikan tanpa surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Penertiban ini atas tuntutan Pemerintah melalui Kesbangpol supaya tidak ada lagi pengurus Masjid/Musholla yang kesulitan kedepannya,” kata Muthalib kepada MITRAPOL di Timika, Jumat, (7/5/21) malam.

Setelah mendata, kata dia, pihaknya akan melakukan evaluasi dan verifikasi dengan melibatkan pihak terkait.

“Pendataan sampai ke pelosok-pelosok. Harapannya agar para pengelola masjid bekerja sama dengan baik saat didata nantinya. Data sangat diperlukan, karena kedepan pelaksanaan kegiatan di Masjid/Musholla akan diatur oleh DMI,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini tercatat sedikitnya 78 unit Masjid yang telah berdiri di Kabupaten Mimika.

Ia menambahkan, setelah evaluasi nantinya, DMI Mimika melakukan pemetaan pemberdayaan Masjid di tiap lokasi yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat sekitar masjid.

“Tidak hanya mendata jumlah dan administrasi lokasi masjid, tapi juga pengarahan dan transfer program-program masjid seperti Sistem Informasi Masjid (Simas) ID Masjid. Intinya bagaimana masjid mampu diberdayakan dan memberdayakan masyarakat,” tandasnya.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *