Polresta Cirebon Polda Jabar Tambah Personel Di Posko Penyekatan Operasi Ketupat Lodaya 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Cirebon Jabar – Jajaran Polresta Cirebon Polda Jabar menambah jumlah personel di posko penyekatan Operasi Ketupat Lodaya 2021. Hal tersebut untuk memaksimalkan penyekatan kendaraan bermotor yang terindikasi melaksanakan mudik.

Kapolresta Cirebon Polda Jabar, Kombes Pol M. Syahduddi, S.IK, M.Si, mengatakan, setiap harinya ada 90-an personel yang bertugas di setiap posko penyekatan selama 24 jam dan dibagi dalam tiga shif sehingga terdapat 30-an personel yang berjaga setiap 8 jam. Saat ini, jumlah personel tersebut ditambah 2 hingga 3 kali lipat dari biasanya.

“Sehingga kegiatan penyekatan yang kami lakukan terhadap kendaraan bermotor khususnya roda dua yang melintas di wilayah Kabupaten Cirebon bisa lebih optimal,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.IK, M.Si, saat memimpin penyekatan di Posko Penyekatan Weru, Senin (10/5/2021) dini hari.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si menuturkan, bahwa penebalan personel tersebut berdasarkan hasil identifikasi jajarannya mengenai adanya pengemudi kendaraan bermotor yang cukup padat di jam-jam malam hingga menjelang dinihari. Posko utama Operasi Ketupat Lodaya 2021 Polresta Cirebon Polda Jabar juga kerap menerima laporan tersebut dari petugas di lapangan.

Selain itu, para pengemudi kendaraan bermotor bergerombol dalam jumlah banyak saat melintas sehingga petugas di posko penyekatan agak kesulitan untuk memeriksa mereka. Karenanya, pihaknya memperkuat personel agar penyekatan dapat berjalan secara maksimal.

“Kami akan melakukan penyekatan dengan cara dan metode khusus sehingga pengemudi kendaraan bermotor dapat disekat dan diperiksa. Kalau ada yang terindikasi mudik langsung diputar balik ke daerah asalnya,” ujar Kombes Pol M. Syahduddi, S.IK, M.Si.

Syahduddi menyampaikan, skema penebalan personel juga mempertimbangkan skala prioritas di setiap posko penyekatan wilayah hukum Polresta Cirebon Polda Jabar, misalnya, posko penyekatan Rawagatel dan Ciwaringin yang muaranya ke Weru sehingga penebalan personel diterapkan di posko penyekatan Weru.

Pihaknya akan menarik sebagian personel dari posko penyekatan Rawagatel dan Ciwaringin ke posko penyekatan Weru. Selain itu, petugas yang disiagakan di pos pengamanan di Palimanan, Sumber, Gebang, dan lainnya akan digeser untuk memperkuat ke posko penyekatan.

“Penebalan personel dimulai malam ini sampai dinihari di posko penyekatan Weru, dan nantinya akan diterapkan di posko penyekatan lainnya. Sehingga kegiatan penyekatan di wilayah hukum Polresta Cirebon juga semakin maksimal,” kata Kombes Pol M. Syahduddi, S.IK, M.Si.

Kegiatan penyekatan di posko Weru diintensifkan dan rencananya dilaksanakan hingga pagi hari. Hingga dinihari, ribuan kendaraan bermotor berpelat nomor luar Cirebon telah diputarbalikkan petugas gabungan ke daerah asalnya.

 

Pewarta : Darto/Hamdani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *