Tes Psikologi Penerimaan Polri di Sulut Terapkan Sistem CAT

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, SULUT – Prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dalam proses penerimaan Polri terlihat saat pelaksanaan Tes Psikologi Bintara Polri TA 2021 di Sulawesi Utara.

Pelaksanaan tes digelar di Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran Unsrat Manado, Rabu (19/5/2021), dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), yaitu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi.

“Ini baru pertama kali dilakukan secara CAT, yang kita laksanakan di Unsrat Manado. Kita pilih disini karena fasilitasnya cukup lengkap dan cukup bagus,” ujar Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sulut Kompol Winarko.

Tes Psikologi ini diikuti sebanyak 1.337 peserta seleksi Bintara, yang dibagi dalam 3 hari, dan dalam sehari dibagi dalam 2 gelombang, pagi dan siang hari.

“Setelah selesai melaksanakan tes, para peserta akan secara langsung mengetahui hasilnya masing-masing. Jadi tidak ada KKN dalam tes ini. Dengan sistem CAT ini, memperkuat sistem yang sudah ada yaitu Betah,” tegas Kompol Winarko.

Dalam tes psikologi ini, para peserta wajib mengikuti 4 tahapan tes, yaitu tes pass hand, kecerdasan, tes kepribadian dan tes kecermatan.

 

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *