Wakapolda Sulut Pantau Uji Kesjas Catar Akpol

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, SULUT – Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Rudi Darmoko didampingi Karo SDM Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo memantau langsung pelaksanaan uji kesamaptaan jasmani (kesjas) penerimaan terpadu taruna/taruni Akpol tahun anggaran 2021, Selasa (18/05) pagi, di lapangan KONI Sario, Manado.

Uji kemampuan fisik tersebut diikuti oleh 32 peserta, terdiri dari 27 pria dan 5 wanita. Sedangkan uji kesjas terbagi dalam Tes Kesamaptaan A dan B.

Kesamaptaan A yaitu lari 12 menit mengelilingi lapangan. Kemudian Kesamaptaan B, terdiri dari pull up (pria) dan chinning up (wanita), sit up, push up dan shuttle run atau lari membentuk angka 8. Uji kesjas ini dirangkaikan dengan tes renang dan antropometri atau pemeriksaan postur tubuh.

Sebelum melaksanakan tes, seluruh peserta mendapat penjelasan dari masing-masing Koordinator Tes tentang gerakan benar (yang mendapat nilai), serta gerakan salah (yang tidak mendapat nilai).

Kemudian setelah melaksanakan masing-masing tes, peserta ditunjukkan daftar hasil perolehan gerakan oleh tester. Hasil tersebut kemudian ditandatangani oleh peserta, tester dan pengawas.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, mengatakan, jalannya tes turut diawasi secara ketat oleh Pengawas Internal (Itwasda dan Bidpropam Polda Sulut) serta Pengawas Eksternal (LSM Gerbin).

“Hal tersebut dilakukan untuk mengedepankan prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) guna menghindari segala bentuk kecurangan dalam setiap tahapan seleksi di lingkungan Polri,” ujarnya, Selasa siang.

Lanjut Kombes Pol Jules Abraham Abast, uji kesjas tersebut juga dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Seluruh panitia dan peserta diperiksa suhu tubuh, kemudian wajib mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah melaksanakan tes, memakai masker, dan menjaga jarak,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

 

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *