Bupati Toraja Silaturahmi Ke Disdik Sulsel

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar – Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog mengaku mendapat surprise saat menerima Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE. MSi di ruang kerjanya, DisdiK Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar, Senin (24/5 2021).

Terus terang, kata Prof Jufri, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang adalah bupati pertama yang melakukan silaturahmi di Kantor Disdik Sulsel. “Ini betul-betul surprise bagi saya,” ujar Prof Jufri.

Karena itu, Prof Jufri, memberi apresiasi dan ucapan terima kasih atas kedatangan Yohanis Bassang untuk bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi, khususnya untuk bidang pendidikan di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Kalau selama ini, setiap berkunjung ke daerah, Prof Jufri selalu berupaya bertemu dengan pemerintah setempat untuk melakukan komunikasi dan bersinergi. Tapi kali ini, kata Prof Jufri, Bupati yang bertandang ke Disdik.

Hal ini menurut mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini menandakan keseriusan Bupati Toraja Utara. “Beliau tidak mewakilkan kepada pejabatnya, tapi beliau langsung yang datang. Ini saya kira luar biasa,” komentar Prof Jufri.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, mengatakan, kedatanganannya ke Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan untuk melakukan silaturahmi sekaligus untuk menjalin komunikasi dan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Yohanis Bassang yang pernah jadi guru dan Kepala SMP di Papua ini sangat paham tentang pengembangan SDM sebagai modal dasar membangun suatu daerah.

Karena itu, di awal kepemimpinannya ia ingin melakukan akselerasi pembangunan yang dititikberatkan pada pembangunan pendidikan. Tidak hanya terbatas pada pendidikan dasar, TK, SD dan SMP, tapi Yohanis Bassang juga ingin menyentuh pendidikan jenjang Menengah, yaitu SMA, dan SMK.

Memang, katanya, pendidikan menengah (SMA dan SMK) secara administrasi menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, tapi faktanya mereka adalah warga kami, menjadi tanggung jawab kami. Karena itu, ia ingin terlibat dalam pengembangan pendidikan menengah di Toraja Utara.

Yohanis Bassang yang dilantik 26 April 2021 lalu bersama Frederik Victor Palimbong, ST oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan keinginannya untuk berpartisipasi membantu pengembangan pendidikan menengah di Toraja Utara.

Ia berharap di Toraja Utara ada sekolah (SMA/SMK) ber,asrama Nanti kita bantu katanya, misalnya Pemerintah Provinsi menyiapkan sarananya, nanti kita bantu pembiayaannya, kata Yohanis Bassang. Intinya, kita ingin bersinergi dan melakukan akselerasi membangun SDM Toraja Utara.

Yohanis Bassang dan Prof Jufri melakukan dialog secara intens soal pendidikan, khususnya di Toraja Utara. Berkali-kali ia mengungkapkan akan melakukan akselerasi pembangunan SDM di Toraja Utara dengan sejumlah program, termasuk melakukan penyegaran kepada guru-guru dan kepala sekolah.

Nampak hadir dalam acara silaturahmi tersebut, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan daerah pemilihan Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Jufri Sambara dan Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, Ramlia Nawir, SE.

Jufri Sambara adalah anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat Sulsel pada kesempatan tersebut juga banyak memberikan saran-saran dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja ini.

 

Pewarta : Ali Ghugunk/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *