Sat Reskoba Polres Nunukan Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba Asal Malaysia

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Polres Nunukan Berhasil Menangkap Dua orang Tersangka DD dan IRF yang kedapatan membawa Narkoba jenis Sabu-sabu seberat 5 Kg.

“Nunukan Memang terkenal Sebagai Jalur Peredaran Narkotika dari Malaysia masuk Indonesia melalui Pintu Sebatik secara Geografis Tawau Malaysia dengan Sebatik hanya 15 Menit menggunakan Transportasi Spied.

Iptu Lusgi Simanungkalik.SH Mantan Kapsek Sembakung Mengatakan AKP Eka Berlin, Selama ini Kinerja Lusgi terbilang Sukses selama menjabat Kasat Reskoba Polres Nunukan.

Satuan Reserse Narkoba Polresta Nunukan berhasil menggagalkan upaya perdagangan narkoba jenis sabu seberat lebih dari 5 kilogram. Bersama barang bukti (BB) berupa sabu- Sabu.

Aparat Kepolisian Polres Nunukan berhasil mengamankan sebanyak dua orang tersangka, masing-masing DD : umur 44 tahun Alamat : Jl. Tien suharto RT. 16 kelurahan Nunukan timur Kecamatan Nunukan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Sementara IRF 39 tahun Alamat : Jl. Manunggal Bhakti RT 11 kelurahan Nunukan Timur Kecamatan Nunukan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara. (Kaltara).

Pengungkapan kasus perdagangan narkoba jenis sabu seberat lebih dari 5 kg ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat,” ujar Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar SIK melalui Kasubag Humas Polres Nunukan AKP M. Karyadi,SH pada hari, Kamis (27/5/2021).

Jalani Hukuman di Lapas Nunukan Warga Binaan Dapat Orderan Kaligrafi Penangkapan kedua orang tersangka dilakukan di tempat yang berbeda masing – masing DD ditangkap di Jalan Lingkar Nunukan sedangkan IRF, ditangkap di Bandara Juwata Tarakan.

Dikatakannya pada hari Senin 24 Mei 2021 sekira pukul 17.30 wita, Personel Opsnal Satuan Reserse Narkoba Pilres Nunukan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada seorang Pria yang diduga memiliki atau menguasai Narkotika Gol satu jenis sabu, yang beralamat di Jalan Lingkar Nunukan Kelurahan Selisun Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten. Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Dari informasi tersebut di tindak lanjuti oleh personil opsnal satuan Reserse narkoba Polres Nunukan dengan melakukan penyelidikan di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP), pada saat itu di temukan seorang Pria yang Ganteng bernama alias (DD) sesuai dengan informasi yang diterima yang saat itu Sedang duduk di atas sebuah kendaraan sepeda motor, lalu personil opsnal menghampiri kemudian mengamankan Pria tersebut.

Selanjutnya dilakukan penggeledahan badan, dari hasil penggeledahan badan belum ditemukan barang bukti.

Kamudian tersangka di bawa ke tempat penyimpanan barang bukti tersebut dan saat itu di temukan sebanyak 1 (satu) bungkus plastik ukuran sedang warna transparan yang berisi narkotika gol satu jenis sabu seberat bruto ± (55,30) Gram yang di bungkus menggunakan kantong plastik warna hitam.

Kemudian dari keterangan tersangka DD menerangkan bahwa barang bukti sabu tersebut di peroleh dari saudara IRF. Selanjutnya tersangka DD dan barang bukti diamankan ke Mako Polres Nunukan untuk menjalani proses Hukum yakni pemeriksaan lebih lanjut.

Dari keterangan DD itu, selanjutnya pada hari Rabu tanggal 26 Mei 2021 sekira pukul 05.50 wita, Personel Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polres Nunukan Berhasil mengamankan sekaligus menangkap IRF di Bandara Juwata Tarakan.

Lalu dari keterangan tersangka IRF bahwa ada barang bukti lain yang disimpan di sebuah rumah/kebun milik saudara ASRI yang beralamat jalan Gang Langsat Kelurahan Nunukan Selatan Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan.

Setelah itu personil Opsnal kembali menuju ke Kabupaten Nunukan untuk mencari barang bukti yang dimaksud.

Pada saat tim opsnal di TKP yang dimaksud tersangka IRF , saat itu ditemukan barang bukti 5 (lima) bungkus plastik ukuran besar warna transparan yang diduga berisi Narkotika Gol (1) satu jenis sabu dengan berat bruto ± (5000) Gram / 5 kg, yang disembunyikan di dalam sebuah kandang ayam Potong.

Dengan cara barang bukti sabu tersebut dimasukkan ke dalam sebuah ember warna putih dibungkus menggunakan plastik warna merah.

Di Duga barang bukti (BB) ditanam ke dalam tanah, dari keterangan saudara IRF Polisi mendapatkan informasi bahwa sabu tersebut milik saudara ASR yang akan di bawa ke Provinsi Sulawesi Selatan.

Pengungkapan Ini bukan soal seberapa banyaknya, tapi ini bentuk komitmen kita dalam memberantas Peredaran narkoba.

“Lanjut Karyadi bahwa ternyata kalau kita serius masyarakatpun ikut membantu terlibat dalam memerangi narkoba.” ujar AKP Muhammad Karyadi.SH.

Dari tersangka DD barang bukti yang diamankan, (satu) bungkus plastik ukuran sedang warna transparan yang diduga berisi Narkotika Gol I jenis sabu dengan berat bruto ± (55,30) Gram, (satu) buah kantong plastik warna Hitam

 

Pewarta : Yuspal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *