Tidak terbukti menipu, Novalia divonis bebas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan – Novalia Rudiyani, warga Jalan Garu II Komplek Grand Harjosari SM. Raja Medan, divonis bebas karena tidak terbukti melakukan penipuan terhadap Santi Julianti sebesar Rp 30 juta.

Putusan bebas itu disampaikan majelis hakim diketuai Immanuel Tarigan dalam persidangan di ruang Cakra-8 Pengadilan Negeri Medan, Selasa (25/5/2021).

Menurut majelis hakim, terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan pertama dan kedua.

” Membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan penuntut umum ” jelas hakim ketua.

Majelis hakim berpendapat, berdasarkan hasil rekap rekening koran keduanya, tidak ditemukan adanya utang terdakwa kepada saksi korban.

Majelis hakim berbeda pendapat dengan JPU yang menuntut terdakwa hukuman 2 tahun penjara, karena terbukti melakukan pidana penipuan.

Perlu diketahui, JPU Elisabeth Berliana dalam dakwaan menyebutkan, Maret 2017, terdakwa Novalia Rudiyani meminjam uang kepada Santi Julianti sebesar Rp5 juta.

Sebagai teman, Santi mentransfer uang Rp 5.000.000, ke rekening BCA. Terdakwa berjanji akan mengembalikan uang pinjaman tersebut pada April 2017.

Sebelum pinjaman pertama dikembalikan, Mei 2017, terdakwa kembali meminjam uang kepada Santi Rp 4 juta. terdakwa berjanji akan mengembalikannya Juni 2017.

Santi kembali mentransfer uang ke terdakwa. Sesudahnya, terdakwa terus menerus meminjam uang kepada Santi dengan alasan berbeda-beda.

Meski telah ditagih, terdakwa tak juga mengembalikan utangnya, sehingga korban merugi Rp 30 juta, dan perkaranya pun dilaporkan ke pihak berwajib.

 

Pewarta : ZH

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *