Mulai Juni, RI Targetkan Vaksinasi Corona 1 Juta Dosis Perhari

  • Whatsapp
Petugas menyuntikan vaksin CoronaVac ke tenaga kesehatan, di Puskesmas Tanah Baru, Depok, Jawa Barat, Jumat (15/1/2021). Sebanyak 1,48 juta tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam melayani pasien COVID-19 akan divaksin secara bertahap hingga februari 2021. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

MITRAPOL.com, Jakarta – Program vaksinasi saat ini masih terus berjalan demi mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity untuk melawan pandemi COVID-19. Namun saat ini laju vaksinasi COVID-19 di Indonesia tertingginya masih di angka 500 ribu dosis per hari.

“Kita tertinggi baru 500 ribu dosis per hari. Untuk mencapai herd immunity, perkiraan sampai Juni bisa sampai 50 juta kita vaksin, masih ada satu bulan ini,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, saat ditemui di RS Ukrida, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (1/6/2021).

“Sampai bulan Mei ini kita belum banyak (vaksinasi) karena vaksin kita masih terbatas,” imbuhnya.

Agar herd immunity bisa segera tercapai, dr Maxi mengatakan vaksinasi akan ditargetkan 1 juta dosis per hari. Diperkirakan, pertengahan Juni target tersebut bisa tercapai.

“Untuk sampai Desember, kita minimal 1,3 juta (target vaksinasi),” jelas dr Maxi.

“Justru di situ peran masyarakat, termasuk swasta ada di situ untuk melakukan percepatan vaksinasi,” pungkasnya.

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *