3 Kesepakatan Bersama dan 2 Perjanjian Kerjasama dengan Pihak Ketiga ditandatangani Pemkab toba

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – Bertempat di Aula balai data Kantor Bupati Kabupaten toba, Pemerintah Kabupaten Toba melaksanakan seremonial penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga, Rabu (02/06/21).

Adapun penandatangan 3 kesepakatan bersama dilakukan bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta I dan PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara. Sementara 2 perjanjian kerjasama dilakukan dengan Institut Agama Kristen Negeri Tarutung dan Politeknik Pariwisata Negeri Medan.

Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bahwa pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk bekerjasama dengan pihak lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini sepertinya sederhana namun bila kita lakukan bersama-sama akan membawa dampak yang besar. Namun karena sekarang masih meningkat jumlah Covid-19 di Toba meski berbagai upaya sudah kita lakukan, maka semoga perjanjian kerjasama dan kesepakatan bersama ini direstui Tuhan sehingga dapat berhasil baik,” sebut Bupati Poltak..

Kolaborasi dan networking, lanjutnya menjadi suatu cara ntuk meningkatkan kemampuan daerah memberhasilkan pembangunan dengan menggandeng akademisi, perbankan serta pihak swasta dan masyarakat melalui kerjasama yang dibangun dengan kesepakatan bersama.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Toba Lahsa J Simanullang, dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan. Dengan IAKN bertujuan meningkatkan akses kerjasama atas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Toba, dengan Poltek Par Medan, kedua belah pihak sepakat secara bersama-sama untuk melaksanakan pengembangan dan pengkajian potensi-potensi kepariwisataan di Kabupaten Toba.

Dengan Inalum dan Jasa Tirta melaksanakan kegiatan konservasi Daerah Tangkapan Air Danau Toba berupa kegiatan penghijauan dengan cara penanaman pohon melalui pemberdayaan masyarakat.

Dengan Bank Sumut meningkatkan pelayanan dan mempermudah pembayaran penerimaan Kas Daerah yakni pajak dan retribusi daerah melalui layanan penyediaan alat perekam data transaksi usaha.

Pimpinan Cabang PT Bank Sumut Rudi Pardede SE, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan menjadi bank andalan untuk membantu pertumbuhan perekonomian dan perkembangan daerah serta sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

“Kami berharap dengan kerjasama layanan penerimaan pembayaran pajak daerah dan distribusi daerah melalui delivery channel Sumut dan channel lainnya serta layanan alat perekam data transaksi usaha dapat membantu pemerintah kabupaten Toba dalam menggali dan meningkatkan pendapatan asli daerah serta mendukung pemerintah mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar,” sebut rudi.

Hadir mengikuti kegiatan, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, Asisten I bidang Pemerintahan Harapan Napitupulu, Assisten II bidang Ekbang Sahat Manullang, Rektor IAKN Tarutung Prof Dr Lince Sihombing MPd, Wakil Direktur Pascasarjana Poktekpar Medan Dr Rahmat Darmawan SS MHum, Kepala Direktorat Operasi dan Produksi PT Inalum (Persero) Rainaldy Harahap, Dir Operasional Perum Jasa Tirta I Gol Ari Joso Simamora ST MM, dan Kadis lindup Mintar manurung.

 

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *