Bahas Masalah PETI, Kapolres Bolmong Hadiri Acara Pertemuan PT MEN dengan Masyarakat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bolmong – Mapolsek Lolak telah berlangsung kegiatan pertemuan antara PT. Monumen Energy Nasional (MEN) dengan pemerintah dan Dinas terkait.

Waktu dan tempat, Pada hari Jumat 04 Juni 2021 pukul 10.00 wita bertempat di Ruang Aula Mapolsek Lolak, Adapun yang hadir dalam pertemuan tersebut yaitu, Kapolres Bolmong AKBP DR Nova Irone Surentu, S.H., M.H. Wakapolres Bolmong KOMPOL Melky J Lapian, S.Sos. Kabag Ops AKP Moh Ali Tahir, SH. Perwakilan PT. MEN Bpk. Wahyu. Kadis Perdagangan dan ESDM Sdr. Tonny Toligaga. Camat Lolak Sdr. Yunius Mokoginta. Kades / Sangadi Desa Totabuan. Kadis DLH Sdr. Abdul Latif. Asisten 2 Pemkab Bolmong Bpk Zainudin

Kegiatan diawali dengan penyampaian dari Kapolres Bolmong AKBP Dr Nova Irone Surentu SH MH yang intinya, Pertemuan ini dalam rangka permasalahan PETI di wilayah Desa Totabuan Kec. Lolak. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini masyarakat melakukan kegiatan penambangan tanpa ijin, maka Polri dengan Dinas terkait dalam hal ini menyikapi dan menindaklanjuti dengan melakukan pertemuan ini.

Ada beberapa warga yang melaksanakan giat pertambangan yang masuk di lahan PT. MEN, masalah tersebut yang akan kita bahas saat ini. Kami memberi kesempatan kepada pihak PT. MEN, untuk dapat menjelaskan keinginan dari perusahaan.

Adapun yang di sampaikan dari pihak PT. MEN adalah, Ada penambang yang tidak mempunyai ijin melakukan penambangan di lahan IUP Perusahaan. Kami ingin warga supaya bisa bekerjasama dengan perusahaan, Lahan tersebut belum diolah oleh perusahaan, namun sudah dieksplorasi oleh warga.

Kami rencananya akan merangkul warga yang melakukan PETI dan Apabila setuju bekerjasama, Ada FEE 80:20%, warga 80% dan perusahaan 20% dengan syarat ketentuan peraturan dari Perusahaan.

Lokasi yang digunakan warga adalah Lokasi HPL perusahaan, Seluruh hasil emas dijual kepada PT. MEN. Apabila tidak mengikuti aturan perusahaan, maka kesepakatan akan diputuskan.

Berikut yang di sampaikan dari Sangadi Totabuan, Masyarakat meminta jaminan kepada perusahaan, Pada intinya warga akan mengikuti keinginan perusahaan asalkan ada jaminan dari perusahaan karena selama ini warga menunggu kepastian dan jaminan dari perusahaan saya menjamin warga akan setuju dengan kesepakatan ini.”ucapnya

Disamping itu juga Asisten II menyampaikan kepada masyarakat, Pemda intinya memfasilitasi permasalahan PETI di Totabuan, Sosialisasikan hasil pertemuan ini kepada masyarakat.

“Kami berharap tidak ada konflik antara warga dengan perusahaan, Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Polres Bolmong yang sudah memfasilitasi pertemuan ini.”ujarnya

Disisi lain Kadis DLH juga menyampaikan, PT. MEN punya ijin lengkap melakukan pertambangan, Ada niat baik dari perusahaan utk bekerjasama dgn warga Pertemuan ini menjadi komitmen kita bersama.

Kami berharap adanya koordinasi dari perusahaan apabila ada hal2 yang berpotensi konflik. Kami berharap adanya laporan kepada kami selaku Pemerintah di tingkat Kecamatan.
Kasat Serse Menuturkan,Perusahaan memberikan kesempatan kepada warga untuk bekerjasama dengan Perusahaan agar membantu membentuk koperasi utk kepentingan payung hukum warga.

“Adapun Kesimpulan dari pertemuan tersebut, Perlu Sosialisasi kpd warga hasil pertemuan kali ini Pengolahan akan dikelola oleh PT. MEN. Tutur kasat serese

Kami berharap agar tidak ada konflik terkait permasalahan PETI. Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 11.30 wita dalam keadaan aman dan kondusif dan mengikuti prokes Covid -19.

 

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *