Mantan Security KRL Serpong, Pemuda Asal Lebak jadi Pengacara bertarap Internasional

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Nasib orang siapa tahu yang dulu biasa sekarang luar biasa. Begitulah kisah seorang Oni Sutarna, Pemuda yang akrab dipanggil ‘Bung One’ bekas pegawai security di sebuah stasiun kereta api jurusan Serpong- Tanah Abang sekarang jadi Pengacara hebat.

Pria bertampang mirip aktor film Mandarin lulusan Pondok Pesantren Modern Al-Mizan juga alumnus Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung ini, selain jam terbang menangani perkara Hukum ke berbagai Provinsi Bang One juga telah menyandang sejumlah sertifikat level Asia dan bertarap Internasional.

Dibalik kesuksesan seorang kesatria dalam ruangan sidang, sosok Bung One tidak terlihat Jumawa apalagi memiliki sifat yang lupa kacang pada kulitnya. Dia mengakui bahwa selama ini berkat dukungan keluarga, teman dan terutama Pengacara kondang Acep Saepudin, S.H.I., SH., MH., M.M., M.Si pemilik Firma Acep Saepudin & Partners (ASP) Law Firm sebuah Kantor Hukum ternama di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

“Dialah (Acep Saepudin) selaku Founder, managing ASP Law Firm yang telah memberikan support tidak setengah hati (All out) kepada kami semua,”Ucap Bang One kepada mitrapol.com Selasa, 9/6/2021

Muhamad Yusuf, teman satu profesi di Kantor Hukum ASP Law Firm mengatakan, Oni Sutarna memiliki mental petarung, ceedas berintegritas, kwalitasnya tidak perlu diragukan lagi.

“Bung One orangnya juga aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan seperti, Keluarga Mahasiswa Banten (KMB) Bandung, Keluarga Mahasiswa Nahdhatul Ulama (KMNU) Bandung, Ia memiliki hoby dan bakat seni bela diri dan bergabung dengan Perguruan Silat Tadjimalela,”Kata M Yusuf teman pengacaranya di ASP Law Firm Selasa 9 juni 2021.

Sebelum terjun ke dunia Hukum, Oni Sutarna sempat menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan ilmu yang dia miliki, mulai sebagai Sales Promotion Man (SPM) dor to dor Bung One juga pernah menjadi sales kartu kredit hingga terakhir menjadi satpam (security) stasiun kereta api lintas Serpong-Tanah Abang.

Setelah menjalani pekerjaan sebagai security selama dua tahun, Bung One harus berpikir ulang agar ilmu pengetahuan yang ia dapat dari bangku kuliah tidak sia-sia.

Sebelum terjun di dunia Hukum, Pada Tahun 2011, Bung One mencoba peruntungan masuk ke dunia pendidikan menjadi guru di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Lebak. namun seiring berjalan waktu Oni merasa ada hasrat kembali ingin mendalami Ilmu hukum. sehingga, Dia mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat di Jakarta kemudian dilanjutkan dengan menempuh ujian profesi Advokat di Kota Serang hingga lulus pada tahun 2017.

Selanjutnya, Bung One masih semangat ingin mendalami ilmu pengetahuan khususnya bidang hukum perdata lalu kembali melanjutkan pendidikan strata dua(S2) mengambil konsentrasi Hukum Bisnis di salah satu universitas ternama di Tangerang Selatan.

Selain itu, Pendidikan strata dua (S2) bidang manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha Ciputat juga dilakoni sampai lulus tahun 2020.

Karirnya sebagai pengacara dimulai dari tahun 2017 bersama Kantor Hukum Acep Saepudin & Partners. berbagai perkara berhasil ditangani baik perkara litigasi maupun non litigasi dan bukan hanya sebatas perkara di wilayah Provinsi Banten. termasuk luar daerah seperti Jakarta, Karawang, Subang dan Sumedang dan lainnya

Untuk diketahui, Oni Atau Bung One sukses menembus dunia internasional. bersama tiga rekannya mereka bertandang ke Malaysia, Singapura dan Thailand untuk menjemput pulang sertifikat bertarap internasional diantaranya, Certificate Of Symposium On Business Management Research dari Universitas Utara Malaysia (UUM), Certificate Of Muamalat and Islamic Finance Research dari University Of Malaya, dan Certified Procurement Lawyer dari International Federation Of Purchasing and Supply Management.

Bung One juga telah banyak mengisi training atau pelatihan terkait dengan hukum dan aktif menjadi pengurus pada beberapa organisasi advokat dan bantuan hukum diantaranya adalah sebagai Sekjen Lembaga Bantuan Hukum dan Studi Kebijakan Publik (LBH SIKAP) Banten perwakilan Kabupaten Lebak, dan Sekjen Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) Wilayah Banten. Untuk mengabadikan rekam jejak kegiatan kepengacaraan dan portofolionya secara digital.

Semua Ia dokumentasikan di Channel Youtube yang sudah memperoleh ribuan Subscriber bernama BungOne TV Channel.

 

Pewarta : Ubay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *