Kanim Kelas I TPI Jakarta Utara Sosialisasikan APOA Berbasis QR Code

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan pengawasan Keimigrasian terhadap orang asing, maka diperlukan sistem pelaporan orang asing yang menginap, maupun yang melakukan kegiatan selama berada di Indonesia, khususnya di wilayah Jakarta Utara.

Hal ini melihat perkembangan situasi dan kondisi orang asing yang berada dan Indonesia, dalam masa pandemi Covid -19.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Sandi Andaryadi mengungkapkan, Sosialisasi Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) merupakan kegiatan dasar pelaksanaannya diatur dalam, Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigasian, Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 50 Tahun 2016 tentang Pengawasan Orang Asing.

“Pelaksanaan Sosialisasi APOA ini, tak lain adalah untuk meningkatkan koordinasi antara instansi pemerintah dan pemilik/pengurus/penyedia penginapan, dalam rangka melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan warga negara asing di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara,” kata Sandi di saat Pelaksanaan Sosialisasi APOA Berbasis QR Code, yang berlangsung di Hotel Aston Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (O9/6/2021).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara menyebutkan, dalam Pelaksanaan Sosialisasi APOA ini juga menginventarisasi kendala dan permasalahan di bidang pengawasan orang asing, sebagai bagian dari deteksi dini dan pencegahan dari potensi pelanggaran keberadaan warga negara asing di wilayah Jakarta Utara.

“Disini juga kita meningkatkan supervisi terhadap orang asing yang keluar masuk wilayah Indonesia, khususnya yang berada dan melakukan kegiatan di wilayah Jakarta Utara,” ujarnya.

Sandi juga mengungkapkan, terkait dengan APOA ini, juga mensosialisasikan perihal kewajiban dari pemilik/pengurus/penyedia penginapan, dalam pelaporan data orang asing, serta mensosialisasikan tata cara penggunaan APOA.

 

Kegiatan Sosialisasi APOA ini, dibuka oleh perwakilan Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham DKI Jakarta , Kabid Intel Yongki Muhammad Zein ,menghadirkan narasumber Kepala Subbidang Intelijien dan Penindakan Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Hamdan Muhammad Al-Amin serta Kepala Subseksi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Jakarta Rudianto Girsang.

Kegiatan sosialisasi APOA ini diikuti sebanyak 75 peserta, terdiri dari Manajemen Hotel dan Badan Pengelola Apartemen di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara serta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi DKI Jakarta.

“Ini sebagai upaya kita bersama dalam rangka menjaga kenyamanan dan kemananan warga masyarakat di wilayah Jakarta Utara dari potensi gangguan yang dilakukan oleh warga negara asing,” tambah Sandi.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *