Program PISEW 2021 pembangunan Jalan Cor di Desa Banarjoyo Batanghari Lampung Timur patut dipertanyakan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Program PISEW (Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah) adalah salah satu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan masyarakat, yang bertujuan agar masyarakat di perdesaan, berdaya dan mampu mengelola sumberdaya lokal yang ada guna meningkatkan ekonomi rumah tangganya.

Pada tahun 2021, ada tiga desa yang menerima bantuan program PISEW dalam bentuk pembuatan jalan cor senilai 600 juta, terbagi di Desa Banarjoyo, desa Telogorejo dan desa Sumberejo yang keseluruhannya berada di Kecamatan Batanghari Lampung Timur.

Namun, ada yang patut dipertanyakan dalam program PISEW tersebut. Salah satunya kegiatan pembuatan jalan cor di desa Banarjoyo di Kecamatan Lampung Timur. Pasalnya pihak desa maupun pihak Kecamatan Batanghari Lampung Timur, terkesan menutupi dan tidak mampu menjelaskan terkait spesifikasi maupun prosedur dalam pekerjaan tersebut.

Saat ditemui, Heriyadi selaku Kepala desa Banarjoyo tidak berada di rumah dan dihubungi melalui telpon maupun pesan whatApp, tidak dijawab dan ditanggapi.

Selanjutnya, tim media menemui Ali selaku Kaur Pembangunan/Kesra desa Banarjoyo, dan mengatakan tidak mengetahui Spesifikasi dalam pekerjaan program PISEW tersebut.

Sabur Kasi PMD Kecamatan Batanghari Lamtim (kiri), Ali sebagai Kaur Pembangunan desa Banarjoyo Batanghari (kanan) saat ditemui media, Selasa (8/6/21).

“Tim dibentuk di kecamatan, setahu saya dana seluruhnya untuk tiga desa ada Rp 600.000.000 juta. Kalau RAB saya tidak tau, tapi jalan didepan rumah pak kades itu, lebar 3 meter dan ketebalan 15 cm dan panjangnya jalan di desa Banarjoyo, 256 meter. Kalau perwakilan desa dari pekerjaan itu, mas Ari,Sutam dan Eko. Saat ini masih kerja di desa Sumberrejo dan keseluruhannya di awasi mas Ari yang di tunjuk dari Kecamatan,” jawab Ali.

Sementara itu, Sabur, Kasi PMD Kecamatan Batanghari Lampung Timur, menjelaskan bahwa ada tiga desa yang mendapatkan bantuan dari Provinsi dalam program PISEW ditahun 2021.

“Itu program PISEW tahun 2021, dan yang mengerjakan tim BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa). Intinya kami pihak kecamatan hanya memantau atau Pokja serta temen – temen dari Provinsi. Dana satu paket 600 juta ,yang sudah terlaksana dua desa yakni desa Banarjoyo dan Telogorejo dan yang belum desa Sumberrejo,” jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa program PISEW adalah pembangunan jalan penghubung dan usulan dari masing – masing Kecamatan.

“Di bilang bisa mengusulkan dan itu kayaknya dari pusat Provinsi dan aspirasi juga lewat Dinas PU dan Pemukiman. Pekerjaannya pembuatan jalan cor beton. Fokusnya program ini adalah jalan penghubung bisa juga jalan sarana pertanian. Nilai pembangunan jalan tergantung panjang/volumenya, tapi keseluruhannya dari tiga desa panjang jalan 1 km,” tambahnya.

Kedepan tim media akan meminta penjelasan dari tim BKAD Kecamatan Batanghari Lampung, terkait spesifikasi dalam pekerjaan pembangunan jalan cor tersebut. Apakah telah sesuai dengan RAB, sehingga tidak merugikan negara dalam penggunaan dana anggaran tersebut.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *